Sistem Pengolahan Sumber Air Bersih pada Hotel

Sistem pengolahan sumber air bersih pada hotel sangat penting sekali untuk diperhitungkan, karena supply air bersih pada hotel ini, akan kita gunakan untuk mensupply berbagai kebutuhan hotel itu sendiri. Baik itu distribusi air dingin ataupun distribusi air panas. Tentunya untuk membuat air panas membutuhkan supply air dingin untuk dapat berfungsi, seperti pemanfaatan mesin heat pump, water heater dll. Bagian-bagian hotel yang memerlukan suplly air bersih tersebut dimana diantaranya seperti kamar mandi hotel, laundry, kitchen, kolam renang, garden dan lain sebagainya.

Sistem Pengolahan Sumber Air Bersih pada Hotel

Instalasi air bersih pada hotel meliputi proses penyediaan air bersih dan juga pendistribusian air bersih. Yang dimana pada umumnya pada hotel akan menggunakan dua sumber utama penyediaan air bersih, yaitu melalui deepwell dan PDAM :

A. Penyediaan Air Bersih pada Hotel

Pengolahan Sumber Air Bersih pada Hotel    1. Pengeboran Sumur Dalam (Deepwell)

Pengeboran sumur dalam (deepwell) ini adalah sumur yang telah di bor sampai kedalaman tertentu sesuai dengan kedalaman sumber air di daerah tempat hotel di bangun. Kemudian air yang berasal dari sumur tersebut, akan dipompa menuju ke Ground Water Tank (GWT) atau Raw Water Tank (RWT). Kemudian air sumur tersebut dipompa kembali oleh pompa transfer menuju ke berbagai filter, yang dimana diantaranya adalah melalui sand filter, multi filter atau carbon filter, soft filter, RO, lalu air yang sudah selesai di saring tersebut kemudian di tampung ke Clean Water Tank.

Air pada Clean Water Tank inilah yang kemudian di gunakan untuk bagian-bagian hotel yang memerlukan air bersih dengan menggunakan pompa booster. Air pada clean water tank ini juga biasanya di tampung kembali pada roof water tank menggunakan pompa transfer.

    2. PDAM

Untuk mencegah kurangnya supply air bersih yang berada pada penampungan clean water tank, maka air yang digunakan untuk back up adalah berasal dari PDAM. Pada bagian ini, diperlukan pipa dari jalur PDAM ke tempat penampungan air bersih (clean water tank). Pada beberapa hotel juga ada yang menggunakan PDAM untuk tampung pada penampungan air sumur (raw water tank). Hal ini menurut dari hasil air yang dihasilkan oleh sumur pada daerah tersebut.

B. Pendistribusian Air Bersih pada Hotel

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, pendistribusian air bersih pada hotel dapat memanfaatkan pompa booster dan juga gravitasi apabila air di tampung pada roof water tank.

Sistem pengolahan air bersih ini dapat juga di sebut dengan WTP. Kepanjangan WTP adalah Water Treatment Plant. Untuk penjelasan dari apa itu WTP dan proses dari pengolahan air yang berasal dari deepwell, kemudian penjelasan dari masing filter-filternya dapat di baca pada artikel berikut ini :

Sekian artikel mengenai sistem pengolahan sumber air bersih pada hotel, semoga dapat membantu dan bermanfaat.

 

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!