Tips dan Trik Menggunakan AC agar Awet dan Hemat Listrik

Tips dan Trik Menggunakan AC agar Awet dan Hemat Listrik – Mungkin banyak dari kalian yang bertanya-tanya sebelum ataupun sesudah membeli AC dan memasangnya di rumah, dan berfikir bagaimana cara saya agar AC yang saya beli bisa awet dan hemat listrik ?

Untuk itu pada artikel kali ini saya akan sedikit sharing tentang beberapa tips dan trik menggunakan AC agar awet dan hemat listrik.

Tips dan Trik Menggunakan AC agar Awet dan Hemat Listrik


Tips dan Trik Menggunakan AC agar Awet dan Hemat Listrik :

  1. Selalu perhatikan perawatan pada AC yang kita miliki, lakukanlah perawatan AC atau servis AC secara berkala dan terjadwal agar kinerja AC tetap bagus. Jika ini diabaikan maka akan menyebabkan AC menjadi boros listrik. Selain itu selalu perhatikan kondisi AC, jika AC mengalami kondisi yang tidak normal, segeralah cari solusi untuk memperbaikinya, ini berguna untuk mencegah kerusakan AC yang akan bertambah parah. Baca juga : Perawatan pada AC Split
  2. Sebaiknya catat selalu segala jenis pekerjaan yang telah dilakukan seperti memperhatikan kapan AC akan dibersihkan lagi.
  3. Perhatikan juga debu-debu yang menempel pada lemari ataupun barang-barang lainnya, dan jaga kebersihan ruangan dari debu, karena debu dapat membuat AC menjadi cepat kotor dan dapat mengganggu kinerja AC itu sendiri.
  4. Mengatur temperatur AC secara benar juga dapat menghemat penggunaan listrik. Semakin rendah pengaturan suhu ruangan, maka semakin besar pula penggunaan daya listrik yang digunakan.
  5. Pastikan semua pintu dan jendela ditutup rapat. karena jika tidak, ini dapat menyebabkan kinerja AC menjadi lebih keras dan kemampuan AC untuk menyejukkan ruangan menjadi berkurang dan ini juga dapat menyebabkan biaya listrik menjadi membengkak.
  6. Usahakan ruangan terhindar dari sinar matahari secara langsung. Atasi hal ini dengan cara menggunakan penutup ruangan seperti korden untuk menghindari sinar matahari.
  7. Ketika mati listrik atau sengaja mematikan unit AC, jangan langsung menyalakan AC kembali. Tunggulah beberapa saat kira-kira kurang lebih 5 menit untuk mengoperasikan AC kembali.
  8. Jangan menggunakan AC untuk tujuan lain seperti mengawetkan makanan.
  9. Sebelum membersihkan unit AC, cabut atau matikan pemutus arus (stop kontak atau MCB) terlebih dahulu untuk keamanan.
  10. Jika unit AC tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama, cabutlah stop kontak AC.
  11. Jangan mencolok atau mencabut steker stop kontak untuk mengoperasikan atau mematikan AC.
  12. Letakkan dudukan remote kontrol tergantung di dinding yang mudah terlihat dan menjaga agar remote kontrol tidak mudah rusak ataupun hilang.
  13. Hindari beraktivitas tepat di bawah embusan AC dalam waktu yang cukup lama.
  14. Jangan memasukkan tangan atau benda lain ke bagian indoor atau outdoor ketika AC sedang beroperasi.
  15. Jangan menempatkan benda yang menghalangi kerja sirkulasi udara, baik di bagian outdoor maupun indoor.

Sekian artikel tentang “Tips dan Trik Menggunakan AC agar Awet dan Hemat Listrik”, terima kasih telah berkunjung dan semoga bermanfaat.

 


About

Saya adalah seorang engineer sekaligus blogger yang mengisi waktu luang untuk berbagi informasi yang saya ketahui seperti halnya dalam informasi mengenai instalasi-instalasi pada gedung seperti instalasi listrik, AC dan sebagainya. Semoga bermanfaat.

View all posts by
  • makasih tips dan triknya gan nanti saya praktekin biar ac dirumah awet