Sistem Plumbing pada Gedung-gedung Bertingkat

Pengertian sistem plumbing adalah semua pekerjaan yang berhubungan atau berkaitan dengan instalasi pemipaan. Baik itu instalasi pipa untuk pelaksanaan pemasangan, penyampungan, perawatan serta pemeliharaan pipa yang digunakan untuk menyalurkan air. Tentunya pada setiap bangunan seperti rumah, perkatoran, rumah sakit, hotel dan gedung lainnya pasti menggunakan sistem pemipaan (plumbing) untuk kebutuhan penyaluran aliran air, entah itu air bersih ataupun air kotor.

Untuk menyalurkan air bersih dari PDAM ke pelanggan konsumen tentunya membutuhkan instalasi pemipaan untuk menyalurkan air ke rumah-rumah ataupun perusahaan. Untuk itulah sistem pemipaan dibutuhkan untuk sarana penyaluran air agar sampai kepelanggan. Begitu pula saat sampai ke konsumen, sistem plumbing diperlukan untuk menyalurkan air kebagian-bagian rumah atau gedung. Seperti kamar mandi, dapur, dan saluran air lainnya.

Sistem Plumbing pada Gedung-gedung Bertingkat

Sistem Plumbing pada Gedung

Sistem plumbing pada gedung seperti halnya hotel, umumnya digunakan untuk jalur pipa instalasi air untuk memenuhi kebutuhan air bersih, sistem drainase, sistem pembuangan limbah (air kotor), kolam renang, sistem hydrant, sistem sprinkler dan masih banyak lagi kebutuhan lainnya.

Sistem plumbing dari suatu gedung seperti hotel biasanya terdiri dari beberapa bagian yaitu :

1. Sistem Plumbing untuk Air Bersih

Salah satu fungsi plumbing pada gedung yaitu digunakan untuk penyediaan sumber air bersih dan pendistribusian air bersih ke bagian-bagian gedung. Sistem penyediaan air bersih pada gedung dinamakan WTP yaitu singkatan dari Water Treatment Plant. Jadi sumber air yang biasa digunakan pad gaedung seperti hotel adalah air yang berasal dari sumur (deep well) dan juga PDAM. Air yang dipompa dari sumur di tampung terlebih dahulu pada raw water tank, kemudian diolah oleh WTP. Kemudian setelah air menjadi bersih kemudian di tampung kembali menuju clean water tank bersamaan dengan sumber dari PDAM. Setelah itu maka air yang ditampung pada clean water tank kemudian di distribusikan menuju bagain-bagian gedung seperti untuk kamar hotel, kitchen oleh pompa booster. Untuk menjalankan proses water treatment tersebut tentunya diperlukan jalur pemipaan yang sangat strategis. Yang bertujuan agar air yang dialirkan sampai menuju masing-masing bagian gedung yang membutuhkan air.

2. Sistem Plumbing untuk Air Kotor

Sistem plumbing juga digunakan untuk proses pembuangan air kotor pada gedung. Seperti air kotor yang berasal dari bathroom seperti pembuangan drain bak shower, wastafel, dan juga pembuangan dari toilet sit. Begitu juga pembuang air kotor yang berasal dari sing dan drain pada kitchen. Air kotor yang berasal dari toilet dan kitchen umumnya dipisah dan di tampung pada tempat yang berbeda. Ini disebabkan karen air yang berasal dari kithen, banyak yang mengandung lemak. Sehingga dibutuhkan penyaringan terlebihan dahulu untuk mengangkat kotoran tersebut. Air kotor ini kemudian di olah kembali menuju sewage water treatmet (STP) sebelum di buang menuju saluran kota. Disinilah dibutuhkan sistem plumbing yang berfungsi untuk proses tersebut.

Selain kedua contoh penggunaan sistem plumbing diatas, masih ada banyak lagi sistem plumbing yang digunakanpada gedung, seperti sistem plumbing untuk hydrant, sprinkler, kolam renang, vent, pembuangan air hujan, dan lain-lain. Sekian yang dapat saya bahas, untuk kelanjutan akan dibahas pada lain waktu. Terima kasih dan semoga bermanfaat.


About

Saya adalah seorang engineer sekaligus blogger yang mengisi waktu luang untuk berbagi informasi yang saya ketahui seperti halnya dalam informasi mengenai instalasi-instalasi pada gedung seperti instalasi listrik, AC dan sebagainya. Semoga bermanfaat.

View all posts by

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.