Prinsip Kerja AC Central pada Bangunan

Diposting pada

Prinsip Kerja AC Central – Central air conditioners di desain untuk mendinginkan suatu bangunan yang luas. Kompresor yang besar dan outdoor coil ditempatkan diluar bangunan dan dihubungkan oleh jalur refrigerant ke indoor coil.

Prinsip Kerja AC Central

Central air conditioner menggunakan energi untuk menghilangkan panas. Tipe yang umum digunakan, menggunakan siklus compressor (seperti kulkas/refrigerator). Dengan refrigerant, panas diabsorsi dan dilepas saat refrigerant berubah kembali dari cair ke gas. Pada perubahan cair ke gas panas diabsorsi. Pada perubahan gas ke cair, panas dilepas. Kompresor menekan refrigerant ke expansion device, mengubah cairan ke gabungan cair/gas tekanan rendah. Di indoor coil atau evaporator, sisa cairan mengabsorsi panas dari udara ruangan dan menjadikan gas yang bertemperatur rendah.

Prinsip Kerja AC Central pada Bangunan

Gas bertemperatur rendah ini ditekan oleh kompresor yang mengurangi volumenya dan meningkatkan temperaturnya menyebabkan tekanan tinggi. Selanjutnya dikirim ke outdoor coil atau condenser, dimana panas ditransfer ke udara luar, menyebabkan refrigerant mengalami kondensasi berubah menjadi cairan. Cairan ini kembali ke expansion device dan siklus diulangi.

Jenis-jenis AC Central

  1. A Single-package Unit

Mengandung semua komponen dan dipasang melalui dinding atau atap. Ducting dari unit tersebut digunakan untuk aliran udara ke ruangan. Tipe ini tidak umum digunakan untuk rumah tinggal.

  2. A Split-package Unit

Memiliki unit indoor dan outdoor. Bagian indoor adalah heat exchanger, atau coil yang dihubungkan diatas system pemanas didalam ducting. Bagian outdoor merupakan komponen sisanya. Keduanya dihubungkan oleh jalur refrigerant yang menghubungkan indoor coil ke komponen refrigrasi di bagian outdoor.

  3. A Mini-split Unit

Sama dengan sistem split tetapi memiliki lebih dari satu indoor coil yang terhubung ke satu outdoor. Beberapa mini-split ini memiliki tiga indoor. Ideal untuk rumah. Bagian indoor mudah dihubungkan dinding dalam, atau plafon. Bagian outdoor dan indoor umumnya sangat ramping. Efficiency mini-split lebih rendah daripada split-systems lainnya.

  4. A Mini-duct Unit

Bagian indoor diinstal dilantai paling atas gedung, dan udara didistribusikan melalui pipa plastik di dinding partisi.

  5. Water-cooled

Tipe ini menggunakan pendinginan air yang dapat dilakukan dengan menggunakan cooling tower.

Penempatan AC Central

Beberapa pertimbangan dalam pemasangan central air conditioner :

  • Lokasi outdoor unit atau condenser ditempat yang sejuk atau teduh.
  • Lokasi outdoor unit dimana suara berisik yang timbul tidak mempengaruhi lingkungan sekitar. Umumnya juga di tempatkan jauh dari jendela kamar tidur.
  • Pada bangunan yang sedang dikerjakan, instalasi outdoor unit sebaiknya dibuatkan tempat sehingga menyatu dengan rumah.
  • Central air conditioner akan memerlukan lebih banyak udara. Gunakan fan motor 2 kecepatan dengan pilihan kecepatan otomatis.
  • Jaga jalur refrigerant sependek mungkin. Gunakan material seal/penutup untuk mengurangi noise atau getaran serta kebocoran udara.

Sekian artikel mengenai prinsip kerja AC central.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *