Permasalahan Water Heater Gas

Diposting pada

Permasalahan Water Heater Gas – Pada pemasangan water heater gas, sering kita jumpai beberapa permasalahan terkait dengan tidak berfungsinya water heater dengan semestinya, dan dalam artikel kali ini mari kita ulas beberapa faktor yang menyebabkan water hiter tidak bekerja semestinya. Pada setiap merek water heater dijual pada dasarnya memiliki prinsip yang sama.

Permasalahan Water Heater

Berikut adalah langkah-langkah untuk menangani permasalahan water heater gas :

1. Bila water heater tidak bekerja sama sekali setelah kran air panas dibuka maka lakukan pengecekan pada kondisi battery karena water heater membutuhkan tegangan 3 volt untuk dapat bekerja dengan maksimal (perhatikan posisi battery jangan sampai polaritasnya terbalik).

2. Jika kondisi battery sudah bagus maka akan terdengar suara nyala lancatan percikan api dan diikuti dengan suara pematik yang menandakan gas mulai masuk ke water heater.

3. Pada tahap selanjutnya apabila tidak ada api yang terlihat pada tangki pengapian, maka pastikan gas LPG dalam keadaan bagus/masih terisi. Apabila tabung dalam keadaan keadaan kosong maka ganti gas dengan yang baru. Bila sudah diganti tetapi belum ada pengapian pada tungku water heater maka pastikan gas dapat mengalir melewati regulator serta ujung selang yang menuju saluran gas masuk water heater.

4. Jika masih terjadi gangguan yang sama. Pastikan tekanan air yang masuk pada inlet water heater cukup kuat, hal ini juga dapat disebabkan oleh keran shower yang kurang membuka atau dapat juga disebabkan oleh tekanan debit air yang kurang (jika tekanan air belum sesuai dengan persyaratan pemasangan, maka gunakanlah pompa booster).

5. Setelah tekanan air sudah sesuai dengan persyaratan pemasangan, tetapi tetap tidak ada perubahan maka periksa tekanan gas pada saluran gas masuk serta volume air yang masuk agar dapat seimbang, karena jika terlalu besar maka secara otomatis air tidak akan dapat menekan pematik api.

Dengan mengikuti langkah-langkah diatas dapat dipastikan water heater dapat bekerja dengan normal sebagaimanamestinya. Jika tidak maka hubungilah teknisi pada tempat dimana anda membeli water heater tersebut.

Sekian artikel mengenai permasalahan water heater gas, terima kasih telah berkunjung dan semoga bermanfaat.


18 thoughts on “Permasalahan Water Heater Gas

  1. klw blm beres juga,rebus air sampai mendidih terus campur deh dengan air dingin,hehe

  2. Thanks infonya gan mau coba kayanya masih takut gan 😀 semoga dengan tutor ini bisa membantu masalah .bermanfaat banget gan

  3. gan, mau tanya kalo nyala api kecil lalu mati yg rusak apanya gan, jadi air gx mau panas

  4. saya pake kran mixer, kalau kran dingin dibuka water heater mati, mohon solusi, matur nuwun

    1. Kalau saya di rumah memang begitu pak, kalok mixer arah kanan itu air panas, kalau mixer ke kiri air dingin, biasanya klok air panas mentoknya di tengah-tengah biar water heaternya tidak mati.

  5. Saya punya masalah, seperti saat di hidup showernya saat mau mandi, air yang keluar panasnya normal dan bisa diatur , tapi beberapa saat kemudian airnya mendadak dingin dan di lihat bahwa api dalam waterhiternya mati. Dan saya matikan showernya ….kemudian saya hidupkan lagi kembali bisa normal.
    Sebenarnya apa permasalahannya kok bisa seperti itu……..?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *