Penyebab Outdoor AC Mati dan Cara Mengatasinya

Diposting pada

Penyebab Outdoor AC Mati dan Cara Mengatasinya – Outdoor pada AC split merupakan tempat bagi komponen utama AC yang dimana pada outdoor inilah komponen seperti kompresor berada. Jika dianalogikan, kompressor merupakan jantung dari sistem AC tersebut. Sehingga apabila kompresor pada outdoor mati, maka sistem kerja AC menjadi tidak berfungsi yang dapat menyebabkan udara di dalam ruangan menjadi tidak dingin.

Kompresor Fungsi Masing-masing Komponen pada AC Split

Lanjut ke dalam pertanyaan, kenapa outdoor AC saya tidak bekerja dengan waktu yang lama ? Lain halnya dengan outdoor yang mati karena suhu ruangan sudah tercapai dan akan hidup kembali apabila suhu dalam ruangan sudah mulai naik atau panas sesuai dengan pengaturan remot AC. Tapi apakah penyebab dari outdoor yang mati dalam jangka waktu yang lama, sehingga membuat AC didalam ruangan menjadi tidak dingin. Untuk itu mari kita cari tahu apa saja penyebab-penyebab outdoor AC mati dan cara mengatasinya.

Penyebab Outdoor AC Mati dan Cara Mengatasinya

Ada beberapa faktor mengenai penyebab outdoor atau kompresor AC tidak bekerja. Dimana diantaranya terjadi karena :

1. Kabel Input Power Outdoor yang Sudah Putus

Faktor utama yang dapat membuat mesin kompresor pada outdoor AC tidak bekerja, yang paling sederhana adalah adanya kabel yang putus pada input power outdoor yang berasal dari indoor unit. Maka dari  itu, sebelum menduga hal yang lebih besar terjadi, seperti kompresor yang rusak, Maka cek lah terlebih dahulu kabel tersebut. Caranya adalah hidupkan unit AC terlebih dahulu, tunggu berapa menit sampai rangkaian kontrol PCB mengirim tegangan ke outdoor unit. Setelah itu cek tegangan dengan tespen, apabila sudah ada tegangan yang dikirimkan. Lanjut ke unit outdoor, dan cek tegangan yang masuk apakah ada atau tidak. Jika tidak ada, maka ada kemungkinan ada kabel yang putus, atau terdapat baut yang perlu di kencangan kembali.

2. Thermistor pada Indoor Rusak

Apabila dari unit indoor tidak ada listrik yang terkirim ke outdoor, maka komponen yang perlu kita curigai disini adalah thermistor. Thermistor adalah komponen yang bekerja berdasarkan suhu ruangan. Jika suhu dalam ruangan tidak sesuai dengan suhu yang diatur pada remot AC. Maka thermistor akan mengirimkan sinyal untuk di teruskan pada PCB kontrol. Sehingga indoor dapat mengirimkan tegangan ke outdoor agar kompressor dapat bekerja. Sedangkan apabila suhu dalam ruangan sudah tercapai, kompressor akan berhenti bekerja dan akan bekerja kembali bila suhu ruangan sudah mulai naik. Apabila thermistor rusak, maka ini juga dapat menyebabkan outdoor AC mati.

3. Start Kapasitor Kompresor Rusak

Pada unit outdoor, terdapat dua buah start kapasitor. Satu untuk kapasitor fan, dan satu untuk kapasitor kompresor. Start kapasitor untuk kompresor ini berfungsi sebagai penggerak pertama kompresor agar kompresor dapat bekerja. Ciri-ciri bahwa start kapasitor kompresor ini rusak, biasanya di tandai dengan dengungan yang cukup keras pada kompresor. Untuk cara mengatasinya adalah cek dulu start kapasitor tersebut dengan multi tester. Jika rusak, maka gantilah kapasitor dengan yang baru.

4. Kompresor Panas Sehingga Overload Bekerja

Ada beberapa masalah yang dapat menyebabkan kompresor menjadi panas. Dimana dalam artikel yang sudah saya tulis, menjelaskan tentang faktor-faktor penyebab AC tidak dingin. Selain itu masalah lain yang juga dapat menyebabkan kompresor panas adalah kisi-kisi pipa kondensor yang sudah kotor. Sehingga kipas pada outdoor tidak dapat membuang udara panas pada kondensor dengan lancar. Hal ini mengingat fungsi dari pipa kondensor yang berguna untuk membuang panas dari kompresor. Sehingga apabila kompresor sampai panas, makan kompresor akan mati karena overload akan bekerja.

5. Overload Sudah Rusak

Overload adalah komponen yang berfungsi sebagai saklar untuk memutus arus listrik yang masuk ke kompresor apabila kompresor tidak bekerja dengan semestinya. Seperti kompresor overheating dengan arus kerja yang melebihi batas normal.

6. Fluktuasi Tegangan Listrik PLN

Fluktuasi tegangan listrik adalah salah satu masalah dari kualitas daya (power quality) yang dimana menyangkut tentang persoalan perubahan bentuk tegangan yang dapat menyebabkan kerusakan pada peralatan elektronik. Sehingga apabila tegangan yang di dapat oleh AC tidak sesuai dengan standar operasionalnya maka dapat menyebabkan kompresor tidak bisa bekerja secara maksimal, dan apabila di biarkan secara terus-menerus, dapat mengakibatkan kompresor menjadi rusak.

7. Kompresor Sudah Rusak

Jika semua penyebab-penyebab kompresor mati seperti diatas sudah di cek dengan baik. Tetapi kompresor tetap tidak mau bekerja. Maka penyebab kompresor outdoor mati adalah kompresor yang sudah rusak. Cara mengatasinya adalah dengan mengganti unit kompresor dengan yang baru.

Baik sekian yang dapat saya jelaskan mengenai penyebab kompresor pada outdoor AC mati dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat.

 


Gambar Gravatar

Saya adalah seorang engineer sekaligus blogger yang mengisi waktu luang untuk berbagi informasi yang saya ketahui seperti halnya dalam informasi mengenai instalasi-instalasi pada gedung seperti instalasi listrik, AC dan sebagainya. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *