Penyebab Outdoor AC Mati dan Cara Mengatasinya

Diposting pada

Penyebab Outdoor AC Mati dan Cara Mengatasinya – Outdoor pada AC split merupakan tempat bagi komponen utama AC yang dimana pada outdoor inilah komponen seperti kompresor berada. Jika dianalogikan, kompressor merupakan jantung dari sistem AC tersebut. Sehingga apabila kompresor pada outdoor mati, maka sistem kerja AC menjadi tidak berfungsi yang dapat menyebabkan udara di dalam ruangan menjadi tidak dingin.

Kompresor Fungsi Masing-masing Komponen pada AC Split

Lanjut ke dalam pertanyaan, kenapa outdoor AC saya tidak bekerja dengan waktu yang lama ? Lain halnya dengan outdoor yang mati karena suhu ruangan sudah tercapai dan akan hidup kembali apabila suhu dalam ruangan sudah mulai naik atau panas sesuai dengan pengaturan remot AC. Tapi apakah penyebab dari outdoor yang mati dalam jangka waktu yang lama, sehingga membuat AC didalam ruangan menjadi tidak dingin. Untuk itu mari kita cari tahu apa saja penyebab-penyebab outdoor AC mati dan cara mengatasinya.

Penyebab Outdoor AC Mati dan Cara Mengatasinya

Ada beberapa faktor mengenai penyebab outdoor atau kompresor AC tidak bekerja. Dimana diantaranya terjadi karena :

1. Kabel Input Power Outdoor yang Sudah Putus

Faktor utama yang dapat membuat mesin kompresor pada outdoor AC tidak bekerja, yang paling sederhana adalah adanya kabel yang putus pada input power outdoor yang berasal dari indoor unit. Maka dari  itu, sebelum menduga hal yang lebih besar terjadi, seperti kompresor yang rusak, Maka cek lah terlebih dahulu kabel tersebut. Caranya adalah hidupkan unit AC terlebih dahulu, tunggu berapa menit sampai rangkaian kontrol PCB mengirim tegangan ke outdoor unit. Setelah itu cek tegangan dengan tespen, apabila sudah ada tegangan yang dikirimkan. Lanjut ke unit outdoor, dan cek tegangan yang masuk apakah ada atau tidak. Jika tidak ada, maka ada kemungkinan ada kabel yang putus, atau terdapat baut yang perlu di kencangan kembali.

2. Thermistor pada Indoor Rusak

Apabila dari unit indoor tidak ada listrik yang terkirim ke outdoor, maka komponen yang perlu kita curigai disini adalah thermistor. Thermistor adalah komponen yang bekerja berdasarkan suhu ruangan. Jika suhu dalam ruangan tidak sesuai dengan suhu yang diatur pada remot AC. Maka thermistor akan mengirimkan sinyal untuk di teruskan pada PCB kontrol. Sehingga indoor dapat mengirimkan tegangan ke outdoor agar kompressor dapat bekerja. Sedangkan apabila suhu dalam ruangan sudah tercapai, kompressor akan berhenti bekerja dan akan bekerja kembali bila suhu ruangan sudah mulai naik. Apabila thermistor rusak, maka ini juga dapat menyebabkan outdoor AC mati.

3. Start Kapasitor Kompresor Rusak

Pada unit outdoor, terdapat dua buah start kapasitor. Satu untuk kapasitor fan, dan satu untuk kapasitor kompresor. Start kapasitor untuk kompresor ini berfungsi sebagai penggerak pertama kompresor agar kompresor dapat bekerja. Ciri-ciri bahwa start kapasitor kompresor ini rusak, biasanya di tandai dengan dengungan yang cukup keras pada kompresor. Untuk cara mengatasinya adalah cek dulu start kapasitor tersebut dengan multi tester. Jika rusak, maka gantilah kapasitor dengan yang baru.

4. Kompresor Panas Sehingga Overload Bekerja

Ada beberapa masalah yang dapat menyebabkan kompresor menjadi panas. Dimana dalam artikel yang sudah saya tulis, menjelaskan tentang faktor-faktor penyebab AC tidak dingin. Selain itu masalah lain yang juga dapat menyebabkan kompresor panas adalah kisi-kisi pipa kondensor yang sudah kotor. Sehingga kipas pada outdoor tidak dapat membuang udara panas pada kondensor dengan lancar. Hal ini mengingat fungsi dari pipa kondensor yang berguna untuk membuang panas dari kompresor. Sehingga apabila kompresor sampai panas, makan kompresor akan mati karena overload akan bekerja.

5. Overload Sudah Rusak

Overload adalah komponen yang berfungsi sebagai saklar untuk memutus arus listrik yang masuk ke kompresor apabila kompresor tidak bekerja dengan semestinya. Seperti kompresor overheating dengan arus kerja yang melebihi batas normal.

6. Fluktuasi Tegangan Listrik PLN

Fluktuasi tegangan listrik adalah salah satu masalah dari kualitas daya (power quality) yang dimana menyangkut tentang persoalan perubahan bentuk tegangan yang dapat menyebabkan kerusakan pada peralatan elektronik. Sehingga apabila tegangan yang di dapat oleh AC tidak sesuai dengan standar operasionalnya maka dapat menyebabkan kompresor tidak bisa bekerja secara maksimal, dan apabila di biarkan secara terus-menerus, dapat mengakibatkan kompresor menjadi rusak.

7. Kompresor Sudah Rusak

Jika semua penyebab-penyebab kompresor mati seperti diatas sudah di cek dengan baik. Tetapi kompresor tetap tidak mau bekerja. Maka penyebab kompresor outdoor mati adalah kompresor yang sudah rusak. Cara mengatasinya adalah dengan mengganti unit kompresor dengan yang baru.

Baik sekian yang dapat saya jelaskan mengenai penyebab kompresor pada outdoor AC mati dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat.

 


70 thoughts on “Penyebab Outdoor AC Mati dan Cara Mengatasinya

  1. Terimakasih bung…atas kebaikan ilmu untuk berbagi…sama dengan anda saya sebagai orang kuli eng..yang baru … sangat senang membaca artikel 2 anda.
    Selalu ditunggu..artikel2 lainnya

  2. Kipas kadang jalan kadang tidak,kompressor nggk jln,apanya ya bos,trims byk

    1. Ada banyak penyebabnya gan, kalau kipas outdoor jalan, sedangkan kompresor mati, kemungkinan kompresor overload.

  3. Jika ac di nyalakan selama 4 jam lebih dengan temperatur suhu 18°c terus outdoor mati dan tidak mau jalan lagi apa penyebab nya, dan posisi outdoor nya di dalam kamar mandi

    1. Coba cek kapasitor kipasnya pak, barang kali sudah rusak, atau bisa juga kabel sama motor kipas ada masalah, sebaiknya coba ganti kapasitor kipasnya dulu.

  4. Maaf gan mau tanya, apakah outdoor mati tdk bisa diperbaiki lagi, kata tukang ac nya disuruh ganti outdoor nya…
    Makasih gan…

    1. Menurut yang rusak apanya gan, di outdoor kan banyak komponennya, ada kapasitor, overload, kompresoor dll. Kalau misalkan kompresornya yg udah jebol, maka mesti ganti kompresor.

  5. Pak kalu audor di langsungkan ke pln audor nya hidup
    Pas di pasang indor audor gak hidup itu apa masalh nya pak .di tespeen ad apinya apak.

  6. Kenapa outdoor nya mati secara tiba2 ya gan ? Tpi indoornya ttp nyala dan sdh tdk lgi dgin gan

    1. Outdoor mati kalu suhu yang di setting didalam ruangan sudah tercapai gan, tapi klok matinya lama kemungkinan ada masalah pada indoor ataupun outdoornya, seperti indoor tidak ngasi supply ke outdoor ataupun kompresor overload. Mesti di cek terlebih dahulu.

  7. Mau tanya gan.
    Indoor nyala tapi outdoor gak nyala,trus lampu indikator berkedip² penyebabnya apa???

  8. Ac yg ddlam nya hidup gan..tpi kipas dluar nya ga brputar ..apa yg salah t gan?

    1. Coba cek kapasitornya gan, hidup atau tidak. kalau kipas di outdoor gk hidup ada beberapa kemungkinan, outdoor tidak menerima supplai dari indoor, atau kipas fan outdoor mati atau kapasitor fannya sudah rusak.

  9. Outdor mati,, tp ac tetap nyala dan dingin,,, suhu 25,, apa penyebabnya pak?

  10. Mau tanya pak,ac saya indoor nyala tp tdk dingin krn outdoor mati,kmrn2 tanya ke tukang cuci ac bilangnya krn ada kebocoran Oli dr mesin indoor.padahal sebelum dicuci mesin outdoot nyala kalau posisi angin dOi remote 3garis(paling kencang),kalau dibawahnya kadang mati hidup mesin outdoor,kira2 masalahanya apa ya pak?trims sebelumnya

    1. Mesti di cek dulu gan outdoornya, kalau ada bekas oli di kondensor (outdoor) kemungkinan ada yang bocor gan, maka dari itu mesti di cek dulu tekanan kompresornya berapa.

  11. Pagi gan, awalnya ac lg split remot g fungsi meski ganti batrei, jadi pake manual(pencet tombol on off, kadang naik turunin mcb). Kemudian masalah awal, begitu mcb di hidupkan, lama kira2 5 mnt baru ac bisa hidup. Lalu masalah selanjutnya ac tiba2 mati hidup sendiri kurang lebih 2 mnt sebelum bisa hidup normal, sekarang ac mati total, setiap dihidupin mcbnya bunyi “tit” tapi ga mau hidup. Sy cek di outdoor ga ada arus pada transistor n kabel yg dari indoor, tolong pencerahannya gan, terimakasih sebelumnya

  12. Pak. Saat ac di hidupin mcb lansung jeglek. Yg udah di gnti kapasitor kompresor dan kapasitor kipasnya. Jika indor di hidupin ke mode kipas aja atau kabel di outdor di lepas mcb aman tdk jeglek. Ac merek sa***sung. Saya cari overload tidak ada di kompresornya. Kira2 mslh di mn ya?

    1. Biasanya itu masalah kompresornya pak, kalau overload letaknya di atas kompresor, dekat dengan SCR kompresor.

  13. Gan numpang tanya ….sebelum di cuci AC saya baik2 saja….hanya dinginnya kurang saja…datang tukang AC di cuci dan di bersihkan….lama banget sampai kemana mana airnya….kelihatannya tukang AC yg datang bukan yg ahli…ada mkn 2 jam….di utak utik…hidup dan ngk dingin…langsung ngacir orangnya…ada setengah jam kok ngk ada reaksi…seperti blower ya saja yg hidup…outdornya mati….terus saya matikan sampai malam dan saya hidupkan sama saja…saya komplain ke tukang AC nya….sampai sekarang hanya janji janji saja datang….saya coba pakai remote utak utik akhirnya autdornya hidup dan dingin….terus mati lagi…gt terus…kalau autdornya hidup dingin tapi kalau mati panas ruangan….sampai sekarang autdornya mati terus…pertanyaan saya…kira kira apa nya ya gan…kok sampai gt AC saya….apanya yg rusak dan kalau tukang AC yg lain saya panggil kira kira apa yg perlu di perbaiki….makasih gan…mohon sarannya….mudah mudahan tukang AC ngk semuanya gt….ngk bertanggung jawab…uang di ambil langsung ngacir.

    1. Kemungkinan masalah di modul acnya gan, sistem kontrol di indoornya mungkin sempet terkena cipratan air. Coba saja dulu soketnya di bersihkan gan, barang kali bisa normal kembali. Soalnya bisa jadi soket kabel main2. Dengan catatan sumber powernya di matikan dulu ya gan biar aman.

  14. Saya Pakai AC LG, sudah dilakukan service tapi AC nya tetap maslah kurang dingin… Komprrsornya sering mati padahal suhu ruangan masih panas…
    Cuma kalau sudah diatas jam 11 malam sampai pagi, kompresornya normal hidup terus, sehingga suhu ruangan ok bisa dingin…
    Kira2 apa maslahnya, kompresor AC sering mati dan hidup kalau AC dihidupkan dari sore sampai jam 11 malam, tapi kalau sudah diatas jam 11 malam sampai pagi kompresor AC nya normal
    Terim kasih

    1. Coba di cek dlu tekanan freon sama arus kerja acnya pak, ada bbrp penyebab soalnya. Perbedaan antara siang sm malam adalah suhu lingkungan pak, jadi ac akan lebih bekerja keras saat siang.

  15. Indor dingin begitu dinyalakan tp gak lama indor panas dan outdoor kipas nya puter kenceng, tp di indoor tidak dingin pak malah panas, itu knp ya pak

  16. Pak. Kalau saat ac di hidupin listrik lansung jeglek. Sebelumnya tidak pernah. Kira2 kenapa ya pak. Kipas aman. Kapasitor udah saya ganti 22nya. Kompresor udah saya cek tdl ada yg konslet

    1. Coba cek kabelnya apakah ada yg short atau tidak pak, kemudian cek kompresornya. Kemungkinan kompresornya udah rusak pak.

  17. Mau tanya gan, kalo kompresornya mati hidup lima menit sekali itu normal ga ya? Soalnya kalo kompresornya mati menjadi tidak dingin, setelah hidup barulah kembali dingin.

  18. Mas mau tny kalo outdoornya tdk nyala (kipasnya tdk berputar) tp didalam lampu indoornya nyala dan tidak ada dinginnya. Itu kenapa yaa?
    Kdg hidup 2mnt abs tuh matinya lama mas_-

  19. Selamat siang pak, AC sy klu siang outdoornya sering mati sendiri dan lama baru hidup lagi, tapi klu malam hari normal2 aja kenapa ya pak….thanks

  20. Mau tanya nih pak ,kalo outdornya mati sedangkan indoor nya nyala tapi lampunya kedap kedip kenapa yah? Terima kasib sebelumnya

    1. Ada beberapa masalah pak, bisa jadi AC kotor, modul berdebu, kurang freon dll, untuk lebih lengkapnya bisa di cari di google dengan judul penyebab AC berkedip.

  21. Klu AC nya nyala sekira kurang dari lima menit dan outdor nya bunyi seperti parutan, dan AC mati dari mcb, kenapa gan

  22. Waktu itu listrik token habis tengah malam, otomatis ac mati.. Saat di isi listriknya indoor nyala tp outdoor mati. Berarti karna apa ya?

  23. Gan mau tanya, ac saya bunyi 3x lalu langsung g dingin, saya cek outdoor nya ternyata mati g ada suara sm skali. Klo tetep di nyalain gmn gan? Bahaya g yh? Soalnya itu kejadian nya udh mlm g bisa panggil tukang service ac.

  24. Misi pak numpak tanyak kenapa kompresor ac nya gak bisa nyala ya pak,padahal kapasitornya Masi idup pak dan di tes pakek tes pen apinya kuat pak,kira2 penyebabnya apa ya pak

  25. Gan sya numpang nanya nih,indoor hidup tapi kg dingin,outdoor kipas y muter memang kg kenceng muter n kompresor tidak da suara tau dengung,pipa pipa y pun kering,kira kiara apa y tuh gan,sblm y trimakasi

  26. Maaf ganggu….mau tanya ac outdor sy hidup cuma 5 detik lalu mati
    Pd saat hidup 5 detik pipa dingin lalu mati lagi ….kenapa ya

  27. bapak ada rekomendasi teknisi ac untuk cek outdoormati pak? saya di jakarta timur bapak dimana ya tempat servisnya? terimakasih

  28. maf pak saya mau tanya
    ac dikin 0.5pk abis di cuci outdoor ny gk nyala.
    udh cek termistor ok,kondisi outdoor klo di jamper hidup.
    kira2 ad mslh gk dr modulnya.
    terimakasih

  29. Mas, ac ku merk sharp, sudah panggil tekhnisi, sudah di cek dan ganti kapasitor segala, katanya kompresor masih bagus, freon jg banyak, tapi kompresor mati , kipas masih nyala, air pembuangan jg keluar lancar, tapi ac lama dinginnya, nnt sudah dingin, cuma sebentar, trs langsung panas angin aja, tukang tekhnisi nya bingung katanya baru ngalamin kejadian seperti ini, nah klo tekhnisi bingung apalagj saya yg awam, saya coba panggul tekhnisi lain, katanya posisi mesin kompresor harus diganti, krn posisi nya berdekatan / bersebelahan dg kompresor ac kamar satunya, dan posisi kedua mesin kompresor ditengah2 dak jd bawah dak atas dak sangat rapat, sehingga katanya itu yg menyebabkan mesin lama mati, dan saat dingin suhu blm mencapai dingin kompresor sudah panas dan mati lagi, yg saya masih bingung, klo masalahnya memang pd posisi mesin kompresor yg harus dipindah salah satu , lalu kenapa sebelumnya ga pernah ada kendala seperti itu ? Tolong ya mas, minta sarannya, klo memang ada pengaruh letak mesin nya ya saya ga masalah dipindah sama tekhnisi, khawatirnya ga ada hubungannya mas, utk tsmbahan informasi, letak posisi mesin di udara terbuka, diluar tapi atas bawa semen dak

    1. Coba cek tegangannya yg keluar dr indoor ke outdoor gan, barang kali indoornya yg masalah, bisa saja thermis atau pcbnya yg msalah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.