Tips dan Trik Mencari Posisi SCR pada Motor Kompresor AC Split

Mungkin ada yang bertanya mengenai apa itu SCR pada motor kompresor ? dan bagaimana cara menentukan posisi SCR pada motor kompresor ? Nah untuk itu pada artikel kali ini akan menjelaskan tentang tips dan trik mencari posisi SCR pada motor kompresor AC Split.

Tips dan Trik Mencari Posisi SCR pada Motor Kompresor AC Split :

SCR adalah singkatan dari 3 buah terminal dari kompresor, 3 buah terminal itu adalah S (Starting), C (Common), dan R (Running). Dan cara untuk menentukan posisi SCR pada motor kompresor dapat dilakukan dengan dua cara yaitu :

1. Cara pertama adalah dengan melihat penutup terminal pada body kompresor. Pada penutup terminal tersebut biasanya terdapat logo tulisan S, C dan R. Jika pada penutup terminal pada body kompresor tersebut tidak terdapat logo yang tertulis S, C dan R maka kita dapat mencarinya dengan cara kedua.

2. Cara kedua untuk menentukan posisi SCR pada motor kompresor adalah dengan mengukur masing-masing terminal S-C-R menggunakan multitester atau bisa juga menggunakan tang ampere. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

a. Siapkanlah alat ukur multitester atau tang ampere yang sudah terpasang pin pengukur tambahannya.

b. Aturlah posisi skala pada alat ukur pada posisi pengukuran resistansi X1 Ω.

c. Kemudian buatlah sketsa atau gambar berbentuk segitiga untuk mempermudah pencarian terminal. Kemudian tulis pada masing-masing sudut segitiga tersebut dengan skema X-Y-Z seperti gambar di bawah ini.

Mencari Posisi SCR dengan Cara Membuat Skema Segitiga Tips dan Trik Mencari Posisi SCR pada Motor Kompresor AC SplitGambar Mencari Posisi SCR dengan Cara Membuat Skema Segitiga

Kenapa X-Y-Z ?

Karena kita belum bisa menentukan posisi dari terminal S-C-R dengan pasti. Kita bisa menganggap SCR adalah titik  X-Y-Z.

d. Karena kita masih belum tahu secara pasti letak dari terinal SCR tersebut, ukurlah tahanan atau resistansi antara X-Y, X-Z, dan Y-Z dengan alat ukur. Kemudian, catat hasil dari pengukuran resistansi tersebut pada gambar segitiga XYZ yang telah di buat sebelumnya.


Mencari Posisi SCR Setelah Mendapatkan Hasil Pengukuran Tips dan Trik Mencari Posisi SCR pada Motor Kompresor AC SplitGambar Mencari Posisi SCR Setelah Mendapatkan Hasil Pengukuran

d. Dari hasil pengukuran seperti gambar diatas. Pengukuran kombinasi antara terminal S, C, dan R akan memberikan nilai tertentu. Sehingga dapat di analisa sebagai berikut :

  1. Resistansi terbesar ada pada kombinasi terminal Y dan Z. Hasil resistansi tersebut adalah hasil penjumlahan dua kombinasi terminal lainnya. Resistansi terbesar tersebut adalah kombinasi lilitan primier (running) dan lilitan sekunder (starting) pada kompresor.
  2. Resistansi terkecil merupakan kombinasi lilitan primier (running) dan terminal penghubung (common).

Dari penjelasan tersebut berarti dapat disimpulkan bahwa :

Menentukan Posisi SCR Tips dan Trik Mencari Posisi SCR pada Motor Kompresor AC SplitGambar Menentukan Posisi SCR

  1. Garis Y-Z adalah resistansi terbesar, berarti dapat dipastikan bahwa titik X adalah terminal penghubung atau C (Common).
  2. Garis X-Z adalah resistansi terkecil, berarti dapat dipastikan bahwa titik Z adalah terminal utama atau R (Running), dan titik Y adalah terminal sekunder atau S (starting).

Kesimpulannya dapat di singkat menjadi Titik X adalah terminal C (Common), Titik Y adalah terminal S (starting), Titik Z adalah terminal R (running).

Sekian artikel mengenai “Tips dan Trik Mencari Posisi SCR pada Motor Kompresor AC Split”, terima kasih telah berkunjung dan semoga bermanfaat.

 


About

Saya adalah seorang engineer sekaligus blogger yang mengisi waktu luang untuk berbagi informasi yang saya ketahui seperti halnya dalam informasi mengenai instalasi-instalasi pada gedung seperti instalasi listrik, AC dan sebagainya. Semoga bermanfaat.

View all posts by
  • wah jadi begitu ya cara cari posisi scr, baru tau saya