Jasa Cuci AC dan Servis AC di Bali

Seiring berjalannya waktu, penggunaan AC semakin hari semakin meningkat. Mengingat fungsi AC yang berguna untuk mengkondisikan udara, agar udara di dalam ruang menjadi sejuk. Tentunya AC juga butuh perawatan agar usia pakai AC pada tempat tinggal kita menjadi tahan lama serta untuk menjaga agar konsumsi daya listrik AC kita menjadi tidak boros listrik. Perawatan AC ini adalah dengan cara mencuci AC sesuai dengan lama pengoperasiannya.

Jasa Cuci AC dan Servis AC di Bali

Untuk menjaga kinerja AC anda untuk bekerja dengan optimal, kami juga menyediakan jasa cuci AC dan servis AC di Bali dengan harga yang bersahabat. Selain itu kami juga menyediakan konsultasi gratis mengenai masalah AC split di rumah anda melalui fanpage facebook egsean.com atau bertanya langsung lewat WA (081238149301).

Kapan saya harus mencuci AC saya ?

Tentunya AC perlu dibersihkan apabila unit AC sudah mulai kotor, sehingga dapat mengganggu hygienitas sirkulasi udara dalam ruangan. Umumnya ada dua jenis pembersihkan yang mesti kita lakukan, yaitu

1. Cuci AC Mingguan

Cuci AC mingguan di lakukan setiap 3-4 minggu sekali. Ini bisa kita lakukan sendiri di rumah karena caranya cukup mudah. Kita hanya perlu membersihkan filter udara (saringan udara) pada indoor AC yang berada dalam ruangan. Tentunya ini bisa dilakukan sendiri di rumah.

2. Cuci AC Bulanan

Cuci AC bulanan merupakan perawatan AC yang umumnya di lakukan setiap 3-4 bulan sekali. Tahap-tahap mencuci AC bulanan ini adalah meliputi :

  • Mencuci filter udara.
  • Mencuci casing indoor AC.
  • Membersihkan sirip evaporator dan blower dengan jet pump.
  • Membersihkan drainase (Bagian yang sering tersumbat, yang membuat tetesan air pada ruangan).
  • Membersihkan casing outdoor dan kisi-kisi kondensor.

Mencuci AC bulanan membutuhkan alat dan bahan yang lengkap untuk melakukan kegiatan di atas, oleh sebab itu di butuhkan teknisi berpengalaman untuk melakukan pekerjaan diatas. Ketelatenan sangat dibutuhkan untuk membersihkan AC, karena pada unit tersebut terdapat rangkaian-rangkain listrik yang perlu di lindungi. Maka dari itu selain membahas tentang masalah pada AC. egsean.com juga menyediakan jasa cuci AC dan servis AC panggilan di Bali. Untuk harga cuci AC dan biaya servis lainnya adalah sebagai berikut :


Harga Cuci AC dan Servis AC

  1. Cuci AC Rumah / AC Split          =>    Rp. 60.000
  2. Tambah Freon AC 0,5 – 1 PK     =>    Rp. 50.000 (10 Psi)
  3. Tambah Freon AC 1,5 – 2 PK     =>    Rp. 70.000 (10 Psi)
  4. Pasang AC                                  =>    Rp. 200.000
  5. Bongkar AC                                =>    Rp. 100.000
  6. Bongkar Pasang AC                    =>    Rp. 300.000
  7. Penggantian Komponen               =>    Menyesuaikan

NB :

  1. Untuk pengisian freon AC, akan kami data tekanan awal dan akhir freon entah itu melaui foto ataupun berupa laporan tertulis.
  2. Untuk masalah-masalah kerusakan dapat di diskusikan dulu kepada kami lewat WA(081238149301) ataupun lewat fanpage facebook kami egsean.com. Pertanyaan-pertanyaan masalah AC di rumah anda akan selalu kami support.

Masalah-masalah AC yang sering di keluhkan pelanggan :

A. AC Kurang Dingin

Ada beberapa faktor yang menyebabkan AC menjadi kurang dingin. Diantaranya yaitu AC yang jarang di cuci sehingga debu dan kotoran dapat mengganggu sirkulasi udara proses kerja AC, Tekanan freon yang sudah mulai berkurang, hembusan motor blower yang sudah mulai melemah.

B. Air Menetes pada AC

Adanya tetesan air pada indor AC di sebabkan oleh drainase yang telah tersumbat, sehingga pembuangan air pada indoor AC menjadi terhalang sehingga menyebabkan tetesan air di dalam ruangan.

C. AC Tidak Dingin Sama Sekali.

Selain masalah pengaturan remot yang salah AC yang salah, sehingga AC tidak dapat berfungsi dengan baik. Ada beberapa faktor yang membuat AC menjadi tidak dingin, dimana diantaranya dapat disebabkan oleh :

  1. Kompresor AC sudah Rusak
  2. Blower AC pada indoor tidak berfungsi dengan baik / putaran blower lemah.
  3. Tekanan freon AC yang sudah berkurang
  4. Ada kebocoran pada sistem AC sehingga menyebabkan freon habis.
  5. Kapasitas AC yang terpasang tidak sesuai dengan luas ruangan.
  6. Peletakan outdoor AC yang salah / tidak memiliki sirkulasi udara yang bagus.
  7. Tegangan listrik tidak stabil
  8. Tersumbatnya aliran freon pada AC.

Penyebab serta cara penanganan mengenai servis AC lainnya dapat dilihat pada artikel-artikel yang terdapat pada link berikut “Perbaikan AC“.

 


About

Saya adalah seorang engineer sekaligus blogger yang mengisi waktu luang untuk berbagi informasi yang saya ketahui seperti halnya dalam informasi mengenai instalasi-instalasi pada gedung seperti instalasi listrik, AC dan sebagainya. Semoga bermanfaat.

View all posts by