Fungsi Pompa dalam Memindahkan Limbah

Diposting pada

Pada artikel kali ini akan menjelaskan sedikit gambaran mengenai fungsi pompa dalam memindahkan limbah. Limbah merupakan sisa dari hasil produksi yang dimana tidak semua limbah itu berbahaya. Ada limbah yang masih bisa dimanfaatkan kembali untuk kehidupan manusia dan dalam pemanfaatanya, limbah ini ada yang langsung bisa dimanfaatkan seperti limbah tahu untuk pakan ternak. Ada juga yang masih perlu diolah lebih lanjut sebelum dimanfaatkan seperti limbah hotel. Seperti contoh fungsi pompa dalam memindahkan limbah yaitu berupa pemindahan air kotor dari bak penampungan 1 ke bak penampungan 2, dimana pada bak penampungan 2 dilakukan proses agar limbah ini dapat dimanfaatkan kembali.

Fungsi Pompa dalam Memindahkan Limbah

Fungsi Pompa dalam Memindahkan Limbah

A. Pengertian Pompa

Pompa adalah suatu alat yang berfungsi untuk memindahkan media dari satu tempat ke tempat yang lain. Spesifikasi pompa dinyatakan dalam jumlah fluida yang dapat dialirkan persatuan waktu (m3/t).

Media yang dipindahkan dapat berupa zat cair, gas maupun padat.

B. Jenis-jenis Pompa :

Jenis pompa dapat dibedakan menjadi :

1. Pompa Sentrifugal :

Pompa sentrifugal merupakan jenis pompa yang paling sering digunakan pada industri. Prinsip kerja pompa ini adalah dengan cara mengubah energi kinetik cairan menjadi energi potensial melalui suatu impeller yang berputar di dalam casing. Jenis pompa ini diantaranya adalah :

a. Pompa Turbin

b. Pompa Keong

2. Pompa aliran miring

3. Pompa aliran aksial

4. Pompa Torak

5. Pompa hidroulik RAM

6. dll

Pemilihan pompa didasarkan atas kondisi lapangan seperti, volume media yang dipindahkan, ketinggian sumber dan kemampuan tekan dari pompa.

C. Kontruksi Pompa

Kontruksi dari pompa terdiri dari :

a. Impeler

Impeler adalah bagian pompa yang berputar, air akan mendapatkan tekanan dan kecepatan sehingga air mengalir dari bagian tengah ke bagian tepi impeler.

b. Difusor

Difusor adalah berupa saluran bersudu, dimana air yang dikeluarkan dari impeler diarahkan dan kecepatannya diturunkan sehingga tekanannya menjadi naik.

c. Rumah Spiral

Rumah spiral adalah bagian pompa yang berfungsi untuk menyalurkan air yang keluar dari impeler atau difusor. Penampang rumah spiral bertambah besar pada bagian luarnya dan menyerupai spiral.

Sekian artikel mengenai fungsi pompa dalam memindahkan limbah, semoga artikel ini dapat bermanfaat.


Gambar Gravatar

Saya adalah seorang engineer sekaligus blogger yang mengisi waktu luang untuk berbagi informasi yang saya ketahui seperti halnya dalam informasi mengenai instalasi-instalasi pada gedung seperti instalasi listrik, AC dan sebagainya. Semoga bermanfaat.

6 thoughts on “Fungsi Pompa dalam Memindahkan Limbah

  1. ternyata pompa penting juga ya dalam memindahkan limbah yang ada dirumah atau di tempat yang banyak limbahnya

  2. info yang bermanfaat gan, akhirya paham dikit tentang mekanisme pembuangan limbah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *