Contoh Laporan Pemeriksaan dan Perbaikan AC

Laporan Servis AC – Bagi seorang yang mempunyai usaha servis AC, selain mempunyai perlengkapan yang lengkap untuk memperbaiki ac, seperti manifold, refrigrant (freon), tangga, jet pump. Ada hal yang tidak jauh pentingnya. Yaitu sebuah laporan yang bisa di tunjukan ketika kita sudah selesai melakukan entah itu pemeriksaan, perawatan/pemeliharaan, serta perbaikan pada unit AC pelanggan. Laporan pemeriksaan dan perbaikan AC ini mungkin tidak begitu penting apabila AC yang di servis tidak lebih dari satu atau dua unit saja. Tapi laporan ini akan sangat penting dan bermanfaat apabila kita mengambil sebuah proyek pemasangan atau perawatan unit AC yang jumlahnya puluhan unit AC pada sebuah perusahaan.

Laporan hasil servis AC ini biasanya terdiri dari :

  1. Tanggal pemeriksaan atau perbaikan unit AC
  2. Jenis AC yang di servis
  3. Model AC
  4. Merek AC
  5. Kapasitas AC (PK)
  6. Name Plate yang tertera pada unit AC seperti arus dan tegangan yang diperlukan AC
  7. Hasil ukur AC sebelum di servis seperti arus dan tekanan
  8. Hasil ukur AC setelah di servis
  9. Keterangan seperti perbaikan apa saja yang sudah di lakukan, komponen yang di ganti apabila terjadi kerusakan serta penjelasan lainnya.

Semua data atau penjelasan diatas biasanya di rangkum menjadi sebuah laporan yang nantinya akan di berikan kepada pihak perusahaan tempat kita servis AC. Laporan ini sangat penting kita perhitungkan. Karena melalui laporan servis AC ini kita dapat mengetahui kerusakan-kerusakan pada unit AC yang telah kita servis. Yang dimana untuk kedepannya dapat kita jadikan sebuah rekam jejak untuk pemeliharaan selanjutnya.


Berikut adalah salah satu contoh laporan pemeriksaan AC, perbaikan dan perawatannya yang telah saya buat ketika mengambil proyek servis AC pada salah satu perusahaan.

Laporan Pemeriksaan dan Perbaikan ACContoh Laporan Pemeriksaan dan Perbaikan AC

Pada laporan servis tersebut. Saya hanya memasukan beberapa data penting yang perlu saya sampaikan ke pelanggan agar tidak terlalu ribet untuk di baca. Contoh laporan pemeriksaan dan perbaikan AC ini dapat di ubah sedemikian rupa agar menjadi lebih lengkap lagi.

Sekian contoh laporan pemeriksaan dan perbaikan AC, semoga bermanfaat dan dapat membantu bagi yang memerlukan.


About

Saya adalah seorang engineer sekaligus blogger yang mengisi waktu luang untuk berbagi informasi yang saya ketahui seperti halnya dalam informasi mengenai instalasi-instalasi pada gedung seperti instalasi listrik, AC dan sebagainya. Semoga bermanfaat.

View all posts by