Cara Mengukur Arus Kerja Kompresor pada AC Split

Diposting pada

Cara Mengukur Arus Kerja Kompresor pada AC Split – Pada artikel kali ini akan membahas tentang cara mengukur arus kerja kompresor atau arus listrik yang mengalir ke bagian outdoor dengan menggunakan tang ampere. Pengukuran menggunakan tang ampere ini dilakukan pada saat pengisian refrigerant, perawatan, dan untuk mendeteksi kerusakan pada AC split.

Cara Mengukur Arus Kerja Kompresor pada AC Split

Cara mengukur arus kerja kompresor pada AC split

Cara mengukur arus kerja kompresor pada AC split adalah sebagai berikut :

1. Pastikan unit AC dalam kondisi hidup dan bekerja dengan normal.

2. Atur pengaturan remote control AC ke mode auto atau cool.

3. Siapkan peralatan kerja AC, yang di gunakan di sini adalah tang ampere dan obeng.

4. Atur nilai skala arus listrik tang ampere pada skala 400 ampere atau skala yang lebih tinggi, Hal ini dimaksudkan agar tang ampere tidak mudah rusak ketika di aliri arus listrik yang tinggi.

5. Buka penutup terminal pada body outdoor, kemudian masukkan dan pasangkan tang ampere ke salah satu kabel power yang terhubung dengan kompresor. Jika kabel power antara positif dan negatif berdekatan, pisahkan kabel positif dan negatif tersebut agar salah satu kabel bisa masuk kedalam jepitan tang ampere.

6. Tunggu beberapa saat sampai indikator tang ampere menunjukkan nilai arus listrik yang tetap. Jika skala tang ampere terlalu besar, turunkan nilai skala ampere sampai pada kisaran yang sesuai.

7. Cocokan arus listrik yang terbaca pada tang ampere dengan standar arus listrik yang tertera pada name plate.

8. Lakukanlah pengukuran beberapa kali untuk mendapatkan hasil yang meyakinkan.

Berikut adalah video yang telah saya buat mengenai cara mengecek arus kerja yang mengalir pada outdoor menggunakan tang ampere :

Cara mengukur arus kerja kompresor dengan tang ampere

Fungsi dalam mengukur arus kerja kompresor pada AC split :

a. Pengukuran arus kerja kompresor, biasanya dilakukan untuk mengetahui kinerja dari kompresor itu sendiri. Seperti halnya dalam melakukan pengisian refrigerant pada AC split. Selain menggunakan charging manifold, tang ampere juga berperan sebagai media untuk membantu pengisian refrigerant untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan name plate unit AC itu sendiri.

b. Pengukuran arus kerja kompresor juga dilakukan saat AC mengalami suatu masalah, seperti masalah AC kurang dingin ataupun tidak dingin sama sekali. AC kurang dingin biasanya disebabkan oleh berkurangnya refrigerant pada sistem. Ini dapat diketahui dengan tang ampere, jika arus listrik yang terukur oleh tang ampere kurang dari standar pada name plate, maka kemungkinan besar sistem AC tersebut kekurangan refrigerant. Sedangkan jika mengalami masalah AC yang tidak mau dingin sama sekali, kemungkinan besar terjadi kebocoran pada sistem AC split tersebut.

c. Jika arus yang terukur pada tang ampere melebihi standar pada name plate AC, ini dapat menyebabkan terjadinya overload pada kompresor, sehingga kompresor tidak akan berjalan. Jika di biarkan, masalah tersebut dapat merusak kompresor. Oleh sebab itu tang ampere sangat berguna untuk pengisian, mencari masalah ataupun perawatan pada AC split.

Sekian artikel yang berjudul “Cara Mengukur Arus Kerja Kompresor pada AC Split”, terima kasih telah berkunjung dan semoga bermanfaat.


6 thoughts on “Cara Mengukur Arus Kerja Kompresor pada AC Split

  1. Jadi tahu ini kalau harus mengukur kinerja kompresor Ac nantinya. Sedia payung sebelum hujanlah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.