Cara Mengisi Refrigerant pada AC Split

Cara Mengisi Refrigerant pada AC Split – Dalam proses mengisi refrigerant, kita harus membuat sistem menjadi hampa udara (vakum) terlebih dahulu atau dengan kata lain tidak adanya udara atau uap air dalam sistem pendingin. Untuk lebih jelasnya, bisa kalian baca pada artikel sebelumnya dengan judul Cara Memvakum Sistem pada AC Split.

Cara Mengisi Refrigerant pada AC Split

Setelah proses pemakuman selesai, maka proses selanjutnya adalah mengisi refrigerant. Ada beberapa langkah yang harus kita lakukan agar sukses dalam pengisian refrigerant pada AC Split.

Berikut adalah beberapa langkah untuk cara mengisi refrigerant pada AC split :

1. Siapkan peralatan yang akan digunakan dalam pekerjaan ini, seperti kunci pas, charging manifold, tang ampere dan kunci inggris.

2. Bukalah tutup saluran pengisian (pentil) yang terdapat pada bagian outdoor.

3. Tutup keran charging manifold yang berwarna biru pada sisi tekanan rendah (sebelah kiri) dan pasang selang pengisian yang berwarna biru ke saluran pengisian (pentil) refrigerant. Sedangkan selang tengah yang yang berwarna kuning dihubungkan ke tabung refrigerant.

4. Sebenarnya ada dua cara pengisian refrigerant yaitu pengisian refrigerant dengan  tekanan tinggi dan pengisian dengan tekanan rendah, dalam artikel ini saya akan membahas langkah pengisian dengan tekanan rendah. Posisikan tabung refrigerant menghadap ke atas agar isi refrigerant keluar dalam bentuk gas


5. Bukalah keran tabung refrigerant secara perlahan-lahan. Tunggu beberapa saat dan perhatikan nilai atau skala yang ditunjukkan oleh jarum charging manifold, kemudian tutup kembali keran tekanan rendah charging manifold.

6. Lakukan langkah No. 5 secara berulang-ulang sampai tekanan sistem sesuai dengan tekanan standar AC.

7. Sambil melakukan pengisian refrigerant secara berlahan-lahan, perhatikan arus listrik yang melewati kompresor dengan menggunakan tang ampere. Bandingkanlah nilai arus listrik yang melewati kompresor dengan tekanan yang terukur pada charging manifold, karena arus listrik dan tekanan yang terukur pada sistem saling berhubungan. Penambahan tekanan sistem akan berpengaruh pada besar arus listrik yang melewati kompresor. Dengan kata lain pengukuran arus listrik bisa kita jadikan patokkan ketika mengisi refrigerant.

Cara Mengukur Arus Kerja Kompresor pada AC Split

Hal yang harus kita perhatikan dalam proses pengisian refrigerant ini adalah :

Pengisian refrigerant yang berlebih tanpa memperhatikan pengukuran arus listrik dapat menyebabkan kompresor overload, atau dapat menyebabkan kerusakan pada kompresor. Untuk mencegah hal ini terjadi ketika melakukan pengisian refrigerant, arus listrik yang terukur tidak boleh melebihi name plate yang terdapat pada body AC.

Sekian artikel yang berjudul “Cara Mengisi Refrigerant pada AC Split”, terima kasih telah berkunjung dan semoga bermanfaat.

 

 


About

Saya adalah seorang engineer sekaligus blogger yang mengisi waktu luang untuk berbagi informasi yang saya ketahui seperti halnya dalam informasi mengenai instalasi-instalasi pada gedung seperti instalasi listrik, AC dan sebagainya. Semoga bermanfaat.

View all posts by
  • Tri Wahyudi

    info yg menarik.