Cara Mengisi Bootloader Arduino dengan Downloader USB ASP

Diposting pada

Pada artikel kali ini akan menjelaskan bagaimana cara mengisi bootloader arduino dengan downloader USB ASP.

Apa itu Downloader USB ASP ?

Downloader USB ASP merupakan suatu bentuk penanam program yang mempunyai fungsi untuk menjalankan intruksi atau perintah sesuai struktur program yang telah dibuat. Selain itu USB ASP juga dapat digunakan untuk memasukan program ke dalam IC mikrokontroler dengan cara mengupload program yang telah dibuat pada software arduino.

Sebelum lanjut mengisi bootloader, kita harus memilih tipe program yang akan digunakan terlebih dahulu. Untuk memilih USB ASP sebagai tipe program, adalah dengan cara memilih menu Tools => Programmer, kemudian pilih USB ASP sebagai tipe program yang akan digunakan untuk mengupload program ke IC mikrokontroler.

Memilih Tipe Program Cara Mengisi Bootloader Arduino dengan Downloader USB ASP

Gambar Memilih Tipe Program

Cara Mengisi Bootloader Arduino dengan Downloader USB ASP :

Sebelum memasukan program pada mikrokontroler, hal yang terlebih dahulu dilakukan adalah dengan mengisi bootloader didalamnya. Fungsi dari bootloader ini adalah untuk menangani proses input output data saat mengisi program. Untuk mengisi bootloader ini dapat menggunakan software IDE (Integrated Development System) Arduino.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

a. Siapkan alat dan bahan yang akan digunakan untuk mengisi bootloader ke dalam mikrokontroler. Alat dan bahan yang digunakan adalah :

  1. Downloader USB ASP.
  2. Rangkaian sistem minimum mikrokontroler.
  3. Kabel penghubung.

b. Setelah semua terpasang, lanjutkan dengan membuka software arduino. Arduino yang saya gunakan disini adalah arduino 1.0.6, kemudian lanjutkan dengan memilih menu Tools => Board. Setelah itu pilih chip mikrokontroler yang digunakan.

Memilih Board Arduino Cara Mengisi Bootloader Arduino dengan Downloader USB ASP

Gambar Memilih Board Arduino

c. Jumper slow clock yang terdapat pada downloader USB ASP dan lanjutkan dengan memulai mengisi bootloader ke IC mikrokontroler dengan memilih menu Tools => Burn Bootloader.

Memilih Menu Bootloader Cara Mengisi Bootloader Arduino dengan Downloader USB ASP

Gambar Memilih Menu Bootloader

Memulai Mengisi Bootloader Cara Mengisi Bootloader Arduino dengan Downloader USB ASP

Gambar Memulai Mengisi Bootloader

d. Tunggu beberapa saat sampai notifikasi bahwa proses pengisian bootloader sudah selesai. Notifikasi ini dapat dilihat pada jendela bawah IDE arduino.

f. Setelah proses bootloader selesai, maka selanjutnya mikrokontroler dapat diprogram dengan arduino.

Proses Bootloader yang Sudah Selesai Cara Mengisi Bootloader Arduino dengan Downloader USB ASP

Gambar Proses Bootloader yang Sudah Selesai

Sekian artikel yang berjudul “Cara Mengisi Bootloader Arduino dengan Downloader USB ASP”, terima kasih telah berkunjung dan semoga bermanfaat.

 

 

 


Gambar Gravatar

Saya adalah seorang engineer sekaligus blogger yang mengisi waktu luang untuk berbagi informasi yang saya ketahui seperti halnya dalam informasi mengenai instalasi-instalasi pada gedung seperti instalasi listrik, AC dan sebagainya. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *