Cara Mengecek Kondisi Kapasitor AC Split

Pada artikel kali ini akan menjelaskan bagaiamana cara mengecek kondisi kapasitor AC split untuk mengetahui kapasitor masih bagus atau sudah rusak. Ada dua buah kapasitor pada AC split yaitu kapasitor untuk kompresor dan juga kapasitor untuk motor fan. Kerusakan pada kapasitor pada kompresor dapat menyebabkan kompresor tidak mau bekerja, ini disebabkan karena fungsi kapasitor kompresor itu sendiri adalah berfungsi untuk starting penggerak pertama kompresor. Jika kapasitor rusak maka akan menyebabkan kompresor tidak dapat bekerja semestinya, dan akan mengakibatkan AC split menjadi tidak mau dingin.

Cara Mengecek Kondisi Kapasitor AC Split

Baca juga : Fungsi Masing-masing Komponen pada AC Split

Cara Mengecek Kondisi Kapasitor AC Split :

Untuk mengecek kondisi kapasitor AC split dapat dilakukan dengan beberapa cara yaitu :


a. Mengecek kondisi kapasitor dengan melihat fisik dari kapasitor

Untuk mengecek kondisi kapasitor AC split, cara yang paling mudah adalah dengan cara melihat fisik dari kapasitor tersebut. Kapasitor yang kondisinya sudah tidak bagus atau rusak akan menggelembung atau bisa juga terdapat bekas terbakar pada kapasitor tersebut.

b. Mengukur hambatan listrik kapasitor dengan AVO meter

Ambil kapasitor dari outdoor dan lepaskan dari soketnya.

1. Atur posisi penunjuk skala AVO meter pada pengukuran Ohm pada skala X1K

2. Mulai mengukur terminal kapasitor dengan menggunakan kedua probe AVO meter.

3. Perhatikan jarum AVO meter dengan melihat kondisi sebagai berikut :

  • Jika jarum pengukuran bergerak ke kanan sampai nilai 0 Ω, dan kemudian jarum perlahan-lahan kembali ke kiri mengarah ke resistansi tertinggi maka kondisi kapasitor dinyatakan masih baik.
  • Jika jarum pengukuran bergerak ke kanan sampai nilai 0 Ω, dan kemudian jarum perlahan-lahan kembali ke kiri dan berhenti di tengah, ini menandakan bahwa kondisi kapasitor tersebut sudah lemah atau dalam keadaan tidak baik.
  • Jika jarum pengukuran bergerak ke kanan sampai nilai 0 Ω, dan kemudian tidak bergerak sama sekali maka ini menandakan bahwa kondisi kapasitor sudah rusak.

Sekian artikel yang berjudul “Cara Mengecek Kondisi Kapasitor AC Split”, terima kasih telah berkunjung dan semoga bermanfaat.


About

Saya adalah seorang engineer sekaligus blogger yang mengisi waktu luang untuk berbagi informasi yang saya ketahui seperti halnya dalam informasi mengenai instalasi-instalasi pada gedung seperti instalasi listrik, AC dan sebagainya. Semoga bermanfaat.

View all posts by
  • Djoko Soewito

    Makasi infonya gan, sekarang saya jadi tahun bagaimana cara mengecek kondisi kapasitor AC split.

    • Sama-sama Pak Djoko, semoga bermanfaat ya.

  • Yulianto Anto

    Mas saya mau tanya ini saya menggunakan Ac Sharp 1/2 PK dan kendala saya saat ini adalah saat Ac dihidupkan normal seperti biasanya dan ketika suhu yg ditentukan SDH mencapai yg tertera di remot kompresor mati tapi fan blower outdoor tetap hidup dan setelah itu kompresor tidak bisa hidup lagi walaupun suhu di ruangan SDH mulai panas tetapi fan blower outdoor tetap hidup,yang saya tanya bagian mana ya terdapat kerusakannya……