Cara Mengatasi Suara dan Getaran Berlebih pada AC Split

Diposting pada

Masalah AC yang mengeluarkan suara dan getaran berlebih kadang membuat kita terganggu dan merasa tidak nyaman. Terlebih lagi jika penempatan unit indoor dan outdoor yang saling berdekatan, maka ini akan menjadi sangat mengganggu kita dalam ruangan. Untuk itu pada artikel kali ini akan menjelaskan bagaimana cara mengatasi suara dan getaran berlebih pada AC split, baik itu pada indoor maupun pada outdoor.

Cara Mengatasi Suara dan Getaran Berlebih pada AC Split

Cara Mengatasi Suara dan Getaran Berlebih pada AC Split pada Unit Indoor :

Jika ada suara atau getaran berlebih pada unit indoor, langkah-langkah yang harus dilakukan untuk memperbaikinya adalah sebagai berikut :

  1. Pertama periksalah penutup filter (grill) pada indoor AC, Jika penutup filter (grill) tidak terpasang sempurna maka akan dapat menyebabkan getaran dan sedikit suara yang ditimbulkan. Solusinya adalah memasang penutup filter sampai menutup dengan sempurna. Jika penutup filter tidak dapat terpasang dengan sempurna atau longgar, maka maka perbaiki kondisi tersebut dengan mengganjal penutup filter dengan lipatan kertas ataupun kain. Ini bertujuan agar suara dan getaran yang ditimbulkan oleh penutup filter dapat diredam.
  2. Periksa dudukan casing indoor AC split. Jika casing terasa longgar dan tidak terpasang sempurna sesuai dengan rumahnya. Solusinya adalah dengan memperbaiki posisi casing indoor, pasang sesuai dengan rumahnya dan kencangkan baut pada casing indoor.
  3. Timbulnya suara dan getaran berlebih juga dapat terjadi apabila terjadi gesekan antara blower dengan body indoor. Jika terjadi hal yang seperti ini solusinya adalah dengan memperbaiki dan mengatur dudukan blower agar ada jarak antara blower dengan body indoor.
  4. Langkah terakhir apabila semua kondisi diatas telah di atasi, dan unit indoor masih mengeluarkan suara dan getaran berlebih maka permasalahan dapat terjadi pada bearing motor blower. Baik itu karena macet, aus, atau rusak, solusinya apabila terjadi kerusakan pada bearing motor blower adalah dengan menggantinya.

Cara Mengatasi Suara dan Getaran Berlebih pada AC Split pada Unit Outdoor :

Jika ada suara atau getaran berlebih pada unit outdoor, langkah-langkah yang harus dilakukan untuk memperbaikinya adalah sebagai berikut :

  1. Hal pertama yang dapat menyebabkan outdoor menimbulkan suara dan getaran berlebih adalah baut yang terpasang pada body outdoor kendor ataupun tidak lengkap dengan jumlah seharusnya. Untuk mengatasi hal ini, adalah dengan cara mengencangkan kembali baut yang kendor.
  2. Periksa putaran kipas pada outdoor. Jika putaran kipas menyentuh casing outdoor maka atur posisi casing dan berikan jarak antara kipas dengan casing agar tidak bersentuhan.
  3. Periksalah dudukan kompresor, jika ada baut yang kendor segera atasi hal tersebut dengan mengencangkannya kembali. Periksa juga karet penahan dudukan kompresor. Jika kondisi karet penahan dudukan mengeras dan pecah maka ini akan menyebabkan timbulnya suara dan getaran karena karet penahan dudukan tidak mampu meredam getaran kompresor.
  4. Sama seperti pada indoor, periksa juga kondisi dari bearing kipas pada outdoor. Lakukan pelumasan pada bearing apabila bearing macet, dan jika bearing sudah aus maka lebih baik diganti.

Sekian artikel mengenai cara mengatasi suara dan getaran berlebih pada AC split, terima kasih telah berkunjung dan semoga bermanfaat.


Gambar Gravatar

Saya adalah seorang engineer sekaligus blogger yang mengisi waktu luang untuk berbagi informasi yang saya ketahui seperti halnya dalam informasi mengenai instalasi-instalasi pada gedung seperti instalasi listrik, AC dan sebagainya. Semoga bermanfaat.

6 thoughts on “Cara Mengatasi Suara dan Getaran Berlebih pada AC Split

    1. Ok Rafsa, siapa tau ada teman-teman yang butuh info mengenai cara mengatasi suara dan getaran berlebih pada AC split jadi bisa ngasi tahu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *