Cara Mengatasi Lampu Indikator AC Berkedip (Blink)

Cara Mengatasi Lampu Indikator AC Berkedip (Blink) – Lampu indikator AC yang berkedip-kedip (Ngeblink) merupakan salah satu permasalahan yang biasanya dapat terjadi pada AC di rumah kita. Terutama pada jenis AC inverter. Permasalahan AC berkedip ini di tandai dengan suhu ruangan yang tidak dingin, dan pada unit indoor terlihat lampu indikator yang berkedip. Lampu indikator yang berkedip-kedip ini biasanya disebabkan oleh modul board AC yang sudah mulai kotor . Sehingga dapat mengganggu sistem kerja pada board AC. Selain itu ada juga beberapa faktor yang dapat membuat lampu indikator AC menjadi berkedip-kedip.

Cara Mengatasi Lampu Indikator AC Berkedip (Blink)

Cara Mudah untuk Mengatasi AC yang Berkedip

Sebelum mengarah pada perbaikan yang lebih spesifik, hal yang dapat kita lakukan untuk membuat AC menjadi hidup kembali adalah dengan cara merestart AC melalui MCB AC tersebut, atau bisa juga dengan cara mencabut steker dari stop kontak AC kemudian selang beberapa waktu lalu colokan kembali. Maka dengan hal ini lampu indikator yang berkedip tadi dapat berjalan normal kembali. Namun hal ini hanya akan bersifat sementara dan mungkin akan terjadi kembali apabila tidak melakukan pemeriksaan yang lebih komplek. Lebih di sarankan untuk dilakukan pemeriksaan yang lebih lengkap dengan memanggil tukang AC agar lampu indikator yang berkedip ini dapat teratasi.

Baik itu langkah mudah untuk menghidupkan AC yang lampu indikatornya berkedip-kedip. Untuk faktor-faktor lain yang dapat menyebabkan lampu indikator AC berkedip-kedip (Light Blinking) ini adalah :

Faktor Penyebab Lampu Indikator AC Berkedip

Lampu indikator yang berkedip-kedip adalah tanda sebagai terjadinya gangguan pada sistem kerja AC. Faktor penyebabnya adalah :

    1. Modul AC yang Sudah Kotor

Modul AC yang sudah kotor dapat menyebabkan sistem kontrol pada AC menjadi terganggu. Untuk cara mengatasinya sebaiknya matikan power AC terlebih dahulu, kemudian bersihkan modul dengan menggunakan lap kering ataupun hair dryer.

    2. Modul AC Terkena Air

Modul AC yang terkena cipratan air juga dapat membuat AC menjadi error / berkedip, entah itu karena cipratan air saat melakukan pencucian unit AC yang disebabkan karena modul AC tidak ditutup saat melakukan cuci AC. Hal ini biasanya dapat di tangani dengan mematikan power AC terlebih dahulu, kemudian mengeringkan modul AC menggunakan hair dryer secara perlahan-lahan. Tunggu sampai modul AC benar-benar kering. kemudian AC siap dinyalakan kembali.

    3. Jalur PCB yang Putus Akibat Korosi

Putusnya salah satu jalur PCB pada modul AC juga dapat menyebabkan lampu indikator AC menjadi berkedip. Sebaiknya cek keadan modul AC dengan menggunakan multitester.

    4. Socket yang Tidak Pas

Kencangkan semua socket kabel yang kendor pada modul AC agar semua bagian tersambung kembali.

    5. Blower Indoor Tidak Bekerja

Blower indoor pada AC berfungsi untuk menghembuskan udara dingin yang berasal dari evaporator. Jika blower indoor tidak bekerja dengan baik juga dapat mempengaruhi kerja AC. sebaiknya cek kondisi blower dengan mengukur kapasitor blower dan cek juga bearing blower tersebut, entah itu seret atau tidak. Pastikan semuanya dalam kondisi baik.

    6. Thermistor Rusak

Thermistor pada AC berfungsi sebagai sensor suhu pada indoor yang berperan untuk mengatur kinerja kompresor secara automatis melalu perubahan temperatur pada thermistor. Maka dari pastikan thermistor dalam keadaan baik.

    7. Kurangnya Freon (Refrigerant) pada AC

Selain menyebabkan suhu ruangan menjadi kurang dingin, kurangnya freon pada sistem kerja AC juga dapat menyebabkan lampu indikator pada indoor menjadi berkedip-kedip. Cara untuk mengatasinya adalah dengan cara cek terlebih dahulu tekanan dan arus kerja pada AC. Apabila ternyata freon pada sistem kerja berkurang, maka tambah freon sampai dengan tekanan standar dan arus kerja yang sesuai. Perhatikan juga apakah ada kebocoran pada AC atau tidak.

Sekian pembahasan mengenai cara mengatasi lampu indikator AC berkedip (blink), semoga dapat bermanfaat.

About

Saya adalah seorang engineer sekaligus blogger yang mengisi waktu luang untuk berbagi informasi yang saya ketahui seperti halnya dalam informasi mengenai instalasi-instalasi pada gedung seperti instalasi listrik, AC dan sebagainya. Semoga bermanfaat.

View all posts by

14 thoughts on “Cara Mengatasi Lampu Indikator AC Berkedip (Blink)

  1. Saya punya masalah yg sama merk daikin sy mau coba terimakasih ilmunya….

    1. Saya punya masaalah dengan AC samsung triangle yang hidup 3 sampai 5 detik mati … nanti di restart lagi atau di hidupin pake remote baru bisa hidup lagi tapi mati lagi … semua termistor saya coba ganti, freon sudah saya cek dalam kondisi bagus… tapi tetep aja seperti itu.. kayanya error AC… Saya minta solusinya ilmunya pak… kali aja bapak punya kode ERROR dari AC samsung untuk bisa memperbaiki AC samsung saya… terima kasih….

  2. Sy punya ac cassette merek. Panasonic,lampu taimer berkedip2. Klo sy cabut stekernya bru pasang kembali.bru bisa nyala,tapi berselang 3 menit ac mati lalu lampu. Ttaimer berkedip2 lagi..mksh

  3. Ac sy merk sharp, lampu warna merah (2 buah), berkedip2, sudah sy cabut steker, tp setelah dipasang lg stekernya, lampunya masih berkedip, kira2 apanya? Klo cek termmistor masih bagus atau gak, gmana caranya?

  4. AC sy mempunyai masalah lampu timer berkedip trs fan indoor berputar dengan baik tpi out door tdk bekerja solosinya ap ini bosku

  5. > ac daikin 0,5 lampi timer blinking. apakah diganti dengan thermistor selain ori apakh bisa

    1. Masing-masing thermis mempunyai tipe dan tahanan yang berbeda beda gan, kita mesti tau dulu spek thermis aslinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.