Cara Mengatasi Bunga Es pada Evaporator AC Split

Diposting pada

Pada artikel kali ini akan menjelaskan tentang cara mengatasi bunga es pada evaporator AC split. Ada beberapa permasalahan yang biasanya terjadi pada sistem AC split. Salah satunya adalah adanya air yang menetes dari indoor AC yang disebabkan dari bunga es yang terdapat pada evaporator.

Cara Mengatasi Bunga Es pada Evaporator AC Split

Permasalahan AC yang paling sering saya temui pada saat saya bekerja adalah permasalahan AC leaking yang biasanya di sebabkan oleh kondisi AC yang sudah kotor, ataupun adanya kebocoran sistem yang dapat menyebabkan terjadinya blok es pada evaporator. Berikut ini adalah dokumentasi video dari timbulnya blok es pada evorator :

Untuk cara penanganannya dapat di lakukan dengan langkah-langkah pengecekan seperti berikut ini.

Cara Mengatasi Bunga Es pada Evaporator AC Split :

  1. Langkah pertama bukalah penutup filter pada AC split. Jika terdapat bunga es pada evaporatornya, langsung matikan AC dan tunggu sampai bunga es pada evaporator berkurang.
  2. Sambil menunggu bunga es mencair, bersihkan filter udara yang terdapat pada indoor, serta bersihkan juga sirip pipa evaporator yang kotor.
  3. Jika bunga es yang terdapat pada evaporator sudah berkurang atau tidak ada. segera hidupkan kembali AC split.
  4. Periksa motor blower pada indoor, jika motor blower tidak bekerja dengan semestinya atau bahkan tidak hidup sama sekali, segeralah perbaiki motor blower jika mengalami kerusakan. Rusaknya motor blower akan menyebabkan berkurang atau tidak adanya aliran udara yang terjadi pada evaporator.
  5. Periksa juga thermistor pada indoor AC, jika thermistor sampai rusak atau tidak terpasang pada tempatnya maka akan mengakibatkan kompresor akan bekerja secara terus-menerus walaupun temperatur ruangan telah mencapai suhu yang di setting. Jika terjadi kerusakan pada thermistor maka solusinya adalah mengganti thermistor dengan thermistor yang baru, sedangkan jika thermistor tidak terpasang sesuai dengan tempatnya maka solusinya adalah letakkan kembali thermistor sesuai dengan tempatnya.
  6. Salah satu penyebab adanya bunga es pada evaporator juga sering disebabkan oleh adanya kebocoran pipa yang menyebabkan refrigerant didalam sistem menjadi berkurang. Solusinya adalah periksa terlebih dahulu tekanan pada AC split tersebut dengan charging manifold. Jika tekanan yang ditunjukkan oleh charging manifold tidak sesuai standar maka cari kebocoran pada pipa dan segera perbaiki masalah tersebut. Jika sudah di perbaiki lakukan penambahan refrigerant sampai dengan tekanan standar.
  7. Permasalahan lain yang menyebabkan adanya bunga es pada evaporator AC split juga dapat disebabkan oleh kompresor yang tidak bekerja dengan semestinya. ini dapat ditandai dengan suara berisik atau getaran berlebih pada kompresor. Pengaruh dari masalah ini dapat menyebabkan proses kompresi menjadi tidak stabil. Solusinya adalah jika kompresor sudah rusak dan tidak bisa diperbaiki, lebih baik ganti kompresor.

Sekian artikel yang berjudul “Cara Mengatasi Bunga Es pada Evaporator AC Split”, terima kasih telah berkunjung dan semoga bermanfaat.


Gambar Gravatar

Saya adalah seorang engineer sekaligus blogger yang mengisi waktu luang untuk berbagi informasi yang saya ketahui seperti halnya dalam informasi mengenai instalasi-instalasi pada gedung seperti instalasi listrik, AC dan sebagainya. Semoga bermanfaat.

8 thoughts on “Cara Mengatasi Bunga Es pada Evaporator AC Split

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *