Penyebab dan Cara Mengatasi AC Kurang Dingin

Diposting pada

Apa yang menyebabkan AC menjadi kurang dingin ?, dan bagaimana sebenarnya cara untuk mengatasi masalah AC kurang dingin tersebut ? Mungkin banyak pertanyaan yang timbul ketika kita mengalami masalah AC kurang dingin, baik itu saat pertama kali memasang AC baru, ataupun sudah lama memakai AC, tetapi AC tiba-tiba menjadi kurang dingin. Untuk itu pada artikel ini akan membahas permasalahan mengenai penyebab dan cara mengatasi AC kurang dingin. AC kurang dingin disebabkan oleh beberapa hal sebagai berikut :

Penyebab dan Cara Mengatasi AC Kurang Dingin

1. Kapasitas pendinginan AC yang tidak sesuai dengan luas ruangan

Untuk masalah AC kurang dingin yang disebabkan oleh daya atau kapasitas pendinginan AC yang tidak sesuai dengan luas ruangan sebenarnya harus di perhatikan saat akan memasang AC. Untuk memasang AC pada ruangan, kita harus memperhitungkan kapasitas BTU yang dibutuhkan pada ruangan tersebut. Sebagai contoh : untuk memasang AC pada ruangan 3×3 dibutuhkan kapasitas AC 1/2 PK yang setara dengan 5.000 Btu/hr, untuk kamar dengan ukuran 4×6 dibutuhkan kapasitas AC 1,5 PK yang setara dengan 12.000 Btu/hr. Oleh sebab itu menentukan kapasitas pendinginan sangat penting saat akan memasang AC, dan jika ini di abaikan akan menyebabkan AC yang kita pasang menjadi kurang dingin karena kapasitas pendinginan AC yang tidak sesuai dengan luas ruangan.

2. AC kurang dingin karena kurang perawatan

Kurangnya perawatan pada AC split juga dapat menyebabkan AC menjadi kurang dingin. Perawatan (di servis) dapat dilakukan dengan mencuci AC tersebut dengan pompa steam/jet pump khusus AC. Jika hal ini tidak di jadwalkan, maka ini akan mengakibatkan AC menjadi kurang dingin, karena debu-debu yang menempel pada AC dapat mempengaruhi sirkulasi udara pada AC tersebut.

3. Tekanan refrigerant yang berkurang dapat menyebabkan AC kurang dingin

Untuk mengecek berkurang atau tidak tekanan pada AC split dapat dilakukan dengan langkah seperti berikut :

a. Periksa arus kerja kompresor dengan menggunakan tang ampere, pemeriksaan ini dilakukan untuk mengetahui apakah arus kerja kompresor sesuai dengan standar pada name plate atau tidak. Jika arus yang di ukur kurang dari standar, maka kemungkinan besar tekanan pada AC tersebut juga ikut berkurang.

b. Periksa tekanan sistem dengan menggunakan charging manifold, pemeriksaan ini dilakukan untuk mengetahui apakah tekanannya telah sesuai atau tidak dengan standar normal refrigerant. Untuk R-22 tekanan standarnya adalah ± 70 psi. Jika tekanan yang terukur tidak sesuai standar, maka kemungkinan besar AC menjadi kurang dingin dan perlu di tambah refrigerant sampai tekanan standar AC tersebut.

4. Embusan udara blower indoor kurang kencang

AC kurang dingin juga dapat disebabkan oleh blower yang tidak berfungsi dengan normal. Untuk mengecek apakah ada masalah atau tidak pada blower, dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :

a. Periksa semua bagian pada blower indoor, jika terjadi kerusakan seperti patah, usahakan untuk mengganti blower dengan yang baru. Jika tidak ini dapat menyebabkan udara yang di hembuskan oleh blower menjadi tidak normal.

b. Cek kondisi motor dan kapasitor blower indoor, apakah berfungsi dengan baik atau tidak, jika ada yang rusak pada komponen tersebut, maka gantilah dengan yang baru.

c. Kondisi blower yang kotor juga dapat mempengaruhi putaran blower menjadi kurang kencang, sebaiknya lakukan perawatan AC split meliputi pembersihan pada unit indoor AC split agar AC bekerja dengan optimal.

5. Kinerja kompresor mulai melemah

Kinerja kompresor yang melemah ditandai dengan suara kompresor yang keras, selain itu jika arus kerja kompresor yang terukur lebih rendah dari kondisi standar, dan tekanan refrigerant pada sistem juga melebihi standar. Berarti kompresor sudah rusak dan harus segera diganti dengan yang baru.

6. Tersumbatnya beberapa komponen penting pada sistem AC

Untuk mendeteksi tersumbat atau tidaknya komponen penting pada sistem AC, bisa di ketahui dengan memeriksanya pada bagian strainer. Tersumbatnya aliran sistem pendingin ini disebabkan oleh kotoran yang terbawa oleh aliran refrigerant.

Sekian artikel yang berjudul “Penyebab dan Cara Mengatasi AC Kurang Dingin”, terima kasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat.

 


Gambar Gravatar

Saya adalah seorang engineer sekaligus blogger yang mengisi waktu luang untuk berbagi informasi yang saya ketahui seperti halnya dalam informasi mengenai instalasi-instalasi pada gedung seperti instalasi listrik, AC dan sebagainya. Semoga bermanfaat.

13 thoughts on “Penyebab dan Cara Mengatasi AC Kurang Dingin

  1. ternyata lumayan mudah mengatasi ac kurang dingin , nice infonya gan

  2. infonya bagus gan, semoga bermanfaat buat semua orang..thx infonya gan..

  3. Saya Ac sering di cuci tapi kok bocor yaah keluar in air warna pink lagi.. Tolong dong infonya..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *