Cara Menambah Freon pada AC Split

Cara menambah freon pada AC merupakan hal yang cukup mudah, asal kita tahu bagaimana prosedur yang benar. Maka dari itu pada postingan kali ini, saya akan berbagi sedikit tips mengenai cara menambah freon pada AC dengan mudah. Seperti yang kita tahu bahwa, kurangnya freon pada AC dapat menimbulkan beberapa masalah pada AC. Seperti halnya AC yang menjadi kurang dingin, blok es yang dapat terjadi, entah itu dari evaporator ataupun pada sambungan pipa pada unit outdoor. Kurangnya freon pada sistem AC juga dapat membuat kompresor menjadi cepat panas. Hal ini di sebabkan karena kompresor akan bekerja lebih lama, karena suhu yang di inginkan di dalam ruangan tidak kunjung tercapai. Sehingga kompresor akan bekerja keras sehingga dapat membuat kompresor menjadi panas.

Menambah Freon pada AC

Ok tanpa panjang lebar, langsung saja saya jelaskan bagaimana cara mengisi freon pada AC split :

A. Menyiapkan Peralatan Untuk Mengisi Freon

Alat-alat yang kita gunakan untuk mengisi freon pada AC adalah  sebagai berikut :

  1. Manifold Gauge (Alat yang digunakan untuk mengukur tekanan)
  2. Tang Ampere (Alat untuk mengukur arus kerja AC)
  3. Obeng
  4. Kunci Inggris
  5. Refrigerant / Freon

B. Langkah Kerja Menambah Freon pada AC

Langkah-langkah untuk mengisi atau menambah freon pada AC adalah sebagai berikut :

  1. Hidupkan unit AC terlebih dahulu
  2. Bawa semua peralatan yang di butuhkan ke tempat unit outdoor terpasang.
  3. tunggu beberapa saat sampai unit outdoor menerima supply dari unit indoor.
  4. Buka penutup terminal kabel supply outdoor dengan menggunakan obeng.
  5. Pasang tang ampre ke salah satu kabel power yang men-supply unit outdoor.
  6. Buka tutup service valve pada pipa besar (pipa tiga jalan) dengan menggunakan kunci inggris.
  7. Pasang selang manifold tekanan rendah yang berwarna biru pada service valve pipa besar. Posisi selang warna biru adalah disebelah kiri manifold.
  8. Pasang selang manifold warna kuning pada tabung freon. Posisi selang warna kuning adalah terletak di tengah manifold.
  9. Pastikan semua keran pada manifold tertutup rapat.
  10. Buka katup keran pada tabung freon.
  11. Jika manifold yang digunakan adalah manifold tekanan rendah (warna biru) dan tekanan tinggi (warna merah). Buka keran warna merah perlahan-lahan untuk membuat sediki freon, dan tutup keran warna merah dengan rapat kembali. Ini bertujuan untuk membuang udara yang terjebak pada manifold, agar sistem dapat sepenuhnya di isi oleh freon.
  12. Kemudian perhatikan tekanan pada jarum manifold warna biru dan juga perhatikan juga arus kerja kompresor yang di baca oleh tang ampere. Standar tekanan normal untuk freon R22 adalah 55-80 Psi. Sedangkan makasimal arus kerja pada AC dapat di lihat pada nameplate yang terletak pada outdoor AC. Usahakan apabila menambah freon pada unit AC, jangan sampai melebihi arus maksimal yang tertera pada nameplate. Karena dapat menyebabkan kompresor menjadi overload. Dianjurkan untuk mengisi freon di bawah arus kerja maksimum yang tertera pada name plate. Seperti contoh, AC 2 PK yang memiliki arus kerja maksimum adalah 7.2 Ampere. Kita hanya menambah freon sampai arus kerja mencapai 6.8 atau 6.9 Ampere. Ini bertujuan karena sirkulasi AC yang dapat berubah-ubah. Dan untuk mengatisipasi agar tidak terjadinya overload.
  13. Lanjut pada Langkah Pengisian Freon :

  14. Jika tekanan AC dan arus kerja AC kurang. Maka kita perlu menambah freon ke dalam sistem dengan cara membuka secara perlahan-lahan keran warna biru pada manifold kemudian tutup kembali setelah beberapa saat. Lakukan buka tutup keran warna biru ini dengan jeda waktu yang singkat. Ini bertujuan untuk menjaga sirkulasi AC dan menjaga agar freon pada tabung tidak cepat beku.
  15. Setelah pengisian sudah sesuai standar. Tutup keran biru manifold dan juga keran pada tabung freon.
  16. Perhatikan beberapa saat, dan check kembali tekanan dan arus kerja. Apabila melebihi kapasitas, maka kurangi tekanan dengan membuang sedikit freon pada sistem AC.
  17. Lepas selang manifold pada service valve dan tutup service valve dengan penutupnya
  18. Dengan ini penambahan freon dapat dikatakan berhasil.

Berikut adalah video mengenai cara mengisi freon pada AC

Sekian pembahasan mengenai cara menambah freon pada AC, saran dari saya adalah gunakan selalu pengaman diri dan jangan sampai berlebih mengisi freon pada sistem AC.

 

About

Saya adalah seorang engineer sekaligus blogger yang mengisi waktu luang untuk berbagi informasi yang saya ketahui seperti halnya dalam informasi mengenai instalasi-instalasi pada gedung seperti instalasi listrik, AC dan sebagainya. Semoga bermanfaat.

View all posts by

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.