Cara Memvakum Sistem pada AC Split

Diposting pada

Cara Memvakum Sistem pada AC Split -Pada artikel kali ini akan dijelaskan bagaimana cara memvakum sistem pada AC split dengan menggunakan pompa vakum khusus. Sebenarnya ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk memvakum sistem AC. Namun memvakum sistem AC dengan menggunakan pompa vakum khusus dapat membantu kita untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Dengan menggunakan pompa vakum khusus, saat kita melakukan pengisian refrigerant nanti, kita dapat mendapatkan tekanan yang sesuai.

Cara Memvakum Sistem pada AC Split

Ini dapat terjadi karena fungsi pemvakuman disini, bertujuan untuk membuat sistem hampa udara atau untuk mengkosongkan udara serta gas-gas lain yang berada di dalam sistem pendingin. Sehingga di saat pengisian refrigerant dilakukan, sistem pendingin dapat terisi penuh oleh refrigrant. Oleh sebab itu memvakum sistem AC split harus lebih dulu kita lakukan sebelum melakukan ke tahap pengisian refrigerant.

Apa yang terjadi ketika sistem AC tidak di vakum terlebih dahulu sebelum proses pengisian refrigerant ?

Jika sistem pendingin tidak di vakum terlebih dahulu, maka ini akan menyebabkan udara atau gas-gas yang masih berada pada sistem pendingin akan tercampur oleh refrigerant yang baru. Jika hal ini dibiarkan maka udara atau gas-gas yang tercampur pada sistem pendingin, dapatย  menyebabkan korosi pada sistem pendingin tersebut. Sehingga akan menyebabkan sistem AC menjadi terganggu, dan efek dari terganggunya sistem pendingin ini akan membuat udara yang di hasilkan oleh AC split menjadi kurang dingin.

Untuk memvakum sistem pada AC split dengan menggunakan pompa vakum dibutuhkan beberapa peralatan kerja AC, dimana diantaranya seperti obeng (+), kunci inggris, dan charging manifold.

Berikut adalah Cara Memvakum Sistem pada AC Split :

1. Siapkan peralatan kerja AC yang di butuhkan untuk memvakum sistem.

2. Hubungkan selang warna biru charging manifold ke saluran pengisian pada kompresor, selang warna kuning di hubungkan dengan refrigerant yang digunakan untuk pengisian nanti. Untuk selang warna merah di hubungkan ke pompa vakum khusus.

3. Buka katup tekanan rendah (warna biru) dan katup tekanan tinggi (warna merah) charging manifold, dan tutup katup pengisian refrigerant, kemudian nyalakan pompa vakum.

4. Biarkan beberapa saat sampai skala penunjuk tekanan rendah menunjukkan vakum -30 psi.

5. Tunggu pompa vacum tetap beroperasi kurang lebih selama 30 menit.

6. Perhatikan skala charging manifold, saat charging manifold menunjukkan skala -30 psi, tutup katup tekanan rendah dan tekanan tinggi, kemudian matikan pompa vakum.

7. Setelah pemvakuman selesai, amati skala charging manifold pada sistem kurang lebih 15 menit.

8. Apabila ada kenaikan tekanan pada charging manifold, maka kemungkinan besar terjadi kebocoran pada sistem pendingin. Jika tidak ada kenaikan tekanan maka dapat dilanjutkan dengan langkah berikutnya.

9. Setelah langkah pemvakuman diatas selesai, maka lanjutkan ke tahap pengisian refrigerant.

Video Cara Memvakum AC Split

Dibawah ini adalah contoh video tentang bagaimana cara memvakum sistem pada AC, untuk yang mau bertanya, bisa langsung lewat chanel youtube di bawah ini. Serta subscribe chanel egsean untuk video tentang perbaikan AC lainnya. Namun selang yang digunakan disini adalah warna hijau terhubung ke saluran pengisian (service valve) dan selang warna merah menuju ke pompa vakum.

Sekian artikel yang berjudul “Cara Memvakum Sistem pada AC Split”, terima kasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat.


Gambar Gravatar

Saya adalah seorang engineer sekaligus blogger yang mengisi waktu luang untuk berbagi informasi yang saya ketahui seperti halnya dalam informasi mengenai instalasi-instalasi pada gedung seperti instalasi listrik, AC dan sebagainya. Semoga bermanfaat.

24 thoughts on “Cara Memvakum Sistem pada AC Split

  1. Jadi sebenarnya ini pengertian jadi sistem AC split, harus di praktekan ini walau rada ribet sedikit.. izin bookmark dulu gan, siapa tau butuh..

  2. Mau coba cara ini tapi kagak berani gan, takut malah tambah rusak. Mending manggil tukang reparasi aja yang lebih berpengalaman. Walau gitu, nice info gan

  3. maaf gan, sy penasaran apakah jika pemvakuman itu ac dalam kondisi hidup atau menyala?

  4. kalau di vacuum, oli nya ikut kesedot kan ? cara masukin oli nya bagaimana?

    1. Kalau vakum AC itu dalam keadaan AC mati gan, jadi olinya gak ikut kesedot juga. Karena oli akan naik kalau ada pemompaan pada kompresor.

  5. Kenapa divakum hingga -30 psi, jika pada saat -10 psi saja sudah cukup menurut saya.

  6. Knpa pada saat memvakum harus sampai angka -30 psi atau -1 bar gan? Tolong infonya?

  7. jadi saat proses vacuum, freon yg ada didalam, itu terkuras habis ya? jadi stelah selesai vacuum, isi freon yang baru. gitu ya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *