Cara Memperbaiki AC Mati Total

Diposting pada

Cara Memperbaiki AC Mati Total – Pada artikel kali ini saya akan sedikit sharing mengenai cara memperbaiki permasalahan AC mati total. AC mati total atau tidak dapat beroperasi sama sekali biasanya disebabkan oleh beberapa faktor, dimana diantaranya meliputi remote AC yang bermasalah, tidak adanya arus listrik yang masuk ke unit AC, sampai dengan PCB yang tidak berfungsi dengan semestinya atau rusak. Untuk lebih jelasnya mengenai cara memperbaiki AC mati total adalah sebagai berikut :

Cara Memperbaiki AC Mati Total

1. Masalah pada remot AC

Pengecekan pertama kali yang harus dilakukan saat mengalami AC mati total adalah dengan mengecek remote control AC. Jika AC dapat di hidupkan dengan tombol manual yang terdapat pada indoor AC, maka ada masalah pada remote AC tersebut, untuk memeriksa masalah pada remote AC dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut :

a. Periksalah baterai yang terdapat pada remot AC tersebut, masalah pada remot AC biasanya disebabkan oleh baterai remote yang sudah habis.

b. Jika baterai sudah diganti, tetapi remot AC masih tidak berfungsi dengan semestinya atau tidak ada tampilan sama sekali, maka ganti remote AC tersebut dengan yang baru.

c. Jika remot berfungsi dengan baik tapi AC tidak hidup juga, maka ada kemungkinan terjadi masalah pada sensor AC tersebut.

2. Tidak adanya arus listrik yang masuk ke unit AC.

Cara memeriksa ada atau tidaknya arus listrik yang masuk ke unit AC dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut :

a. Periksalah pemutus arus (MCB) dan stop kontak yang menyuplai unit AC dengan menggunakan tespen untuk mengetahui ada atau tidaknya arus yang mengalir.

b. Periksalah sambungan kabel yang menuju ke unit AC untuk memastikan tidak adanya sambungan yang putus ataupun terbakar. Jika terdapat kabel yang rusak, segeralah perbaiki sambungan kabel tersebut.

3. PCB Rusak

a. Pada kasus PCB mengalami masalah atau rusak, biasanya dapat diketahui dengan adanya tampilan tulisan error ataupun kode lain pada LCD display indikator pada indoor. Untuk merek AC yang tidak terdapat LCD display indikatornya, bisa kita perhatikan pada nyala lampu LED indikator yang terdapat pada indoor. Apakah nyalanya normal atau berkedip. Jika LED indikator indikaror berkedip, tindakan yang harus dilakukan adalah dengan me reset kerja AC dengan cara menonaktifkan atau memutuskan arus listrik utama dan tunggu beberapa menit sebelum di hidupkan kembali.

b. Lakukan pemeriksaan pada board PCB indoor, periksalah semua komponen pada PCB, terutama pada sekering (fuse), jika fuse ini putus maka gantilah fuse sesuai dengan ukuran sebelumnya atau dapat juga di lihat dari name plate yang tertera pada fuse.

c. Periksa juga kondisi kabel-kabel yang terhubung ke bagian PCB, jika ada kabel yang rusak segeralah perbaiki dan pasang kabel dengan erat sesuai dengan rumah soketnya.

Jika semua langkah-langkah di atas sudah di ikuti dengan benar dan masih saja PCB bermasalah maka gantilah PCB tersebut dengan PCB yang baru sesuai dengan spesifikasi AC yang kalian miliki.

Cara Memperbaiki AC Mati Total

Sekian artikel mengenai Cara Memperbaiki AC Mati Total, smoga bermanfaat.

 


Gambar Gravatar

Saya adalah seorang engineer sekaligus blogger yang mengisi waktu luang untuk berbagi informasi yang saya ketahui seperti halnya dalam informasi mengenai instalasi-instalasi pada gedung seperti instalasi listrik, AC dan sebagainya. Semoga bermanfaat.

14 thoughts on “Cara Memperbaiki AC Mati Total

  1. wih pcb rusak ngeri juga itu harus ganti yangbaru berarti ya gan

  2. thanks gan infonya tentang cara memperbaiki AC , semoga bermanfaat buat yang membutuhkan.. 🙂

  3. Gan ane br bljar dan mantap banget artikel nya ,kalo ac floor standing gmn cara pemasangan dan perbaikan ny listrik ny 3phase masih bingung,sebelum dan sesudah ny maksih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *