Cara Membuat Sistem Minimum Mikrokontroler ATmega 328P

Diposting pada

Sistem minimum mikrokontroler adalah sebuah rangkaian yang paling penting dalam membuat sebuah alat yang berbasis mikrokontroler. Rangkaian ini di anggap penting karena untuk dapat menjalankan dan memprogram IC mikrokontroler di butuhkan sebuah rangkaian yang dinamakan sistem minimum. Untuk membuat rangkaian sistem minimum, selain IC juga di perlukan beberapa komponen pendukung seperti regulator, osilator, ISP, kapaitor, dan juga push button.

Rangkaian Sistem Minimum Mikrokontroler ATmega 328P

Gambar diatas adalah rangkaian sistem minimum mikrokontroler menggunakan ATmega 328P. Rangkaian tersebut di buat dengan menggunakan sofware eagle dan setelah selesai di susun dengan rapi, bisa langsung di cetak ke papan PCB yang akan digunakan.

Berikut adalah video alat yang saya buat dengan menggunakan sistem minimum ATmega 328P :

Komponen yang dibutuhkan untuk membuat sistem minimum mikrokontroler :

1. Mikrokontroler ATmega 328P

Mikrokontroler ATmega 328P  adalah otak dari rangkaian sistem minimum ini. Dimana di dalamnya sudah dilengkapi dengan CPU, ROM, RAM, I/O, clock dan peralatan internal lainnya yang sudah saling terhubung dan terorganisai dengan baik.

2. Power Supply

Untuk membuat sistem minimum, di butuhkan sebuah rangkaian power supply atau biasa disebut catu daya yang berfungsi untuk menyuplai arus listrik untuk IC maupun komponen-komponen elektronika lainnya. Karena IC yang digunakan pada sistem minimum kali ini adalah ATmega328, dimana IC mikrokontroler ini membutuhkan tegangan 5 volt untuk IC dapat bekerja, maka dari itu di butuhkan regulator 7805 untuk mendapatkan tegangan 5 volt.

3. Kristal

Kristal atau yang sering disebut Osilator (Pembangkit Frekuensi) adalah komponen yang berfungsi sebagai pemompa data yang bersifat timer, oleh sebab itu kristal memiliki frekuensi. Jika di analogikan kristal dalam rangkaian sistem minimum adalah layaknya fungsi jantung pada tubuh manusia. Pada sistem minimum kali ini, kristal yang digunakan adalah kristal 16 Mhz, yang terpenting adalah mikrokontroler hanya bisa beroperasi sampai 16 Mhz.

4. ISP (In-System Programmable)

ISP adalah rangkaian beberapa port yang terhubung pada ATmega 328P, beberapa port ini digunakan untuk mikrokontroler agar dapat di program.

5. Push Button

Push button pada rangkaian sistem minimum berfungsi sebagai tombol reset, tombol ini digunakan untuk merestart program pada mikrokontroler, sehingga ketika tombol reset ini di tekan, mikrokontroler akan membaca program mulai dari awal lagi. Untuk penggunaan tombol ini dapat di isi ataupun tidak, tergantung dari keinginan pengguna.

6. Resistor

Resistor adalah komponen yang berfungsi untuk menghambat arus listrik. Pada rangkaian sistem minimum ini, resistor yang digunakan adalah resistor linear. Besarnya nilai tahanan pada resistor linear ditentukan oleh warna yang tertera pada badan resistor.

7. Kapasitor

Kapasitor adalah komponen yang berfungsi menyimpan dan melepaskan muatan listrik. Pada rangkaian sistem minimum ini, kapasitor juga berfungsi sebagai penyaring (filter) yang digunakan pada bagian power supply. Komponen ini digunakan untuk menghasilkan tegangan output yang lebih halus sehingga tegangan DC yang dihasilkan menjadi lebih konstan.

8. LED

LED indikator adalah komponen elektronika jenis dioda yang dapat memancarkan cahaya. Fungsi LED pada rangkaian sistem minimum kali ini adalah berfungsi sebagai indikator bahwa rangkaian telah menerima arus listrik dari power supply.

Sekian artikel yang berjudul “Cara Membuat Sistem Minimum Mikrokontroler ATmega 328P“, terima kasih telah berkunjung dan semoga bermanfaat.


4 thoughts on “Cara Membuat Sistem Minimum Mikrokontroler ATmega 328P

  1. makasi infonya tentang cara membuat sistem minimum ATmega 328P nya gan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.