Cara Membuat Rangkaian RFID Low Frequency

Apa itu RFID ?

Cara Membuat Rangkaian RFID – Radio Frequency Identification atau disingkat RFID adalah teknologi yang menggunakan metode identifikasi berbasis gelombang radio. Dengan memanfaatkan teknologi ini, kita dapat menggunakannya untuk mengidentifikasi berbagai objek dengan cara memasang tag/kartu RFID kedalam sebuah produk. Sensor pada RFID adalah sensor yang dapat mengidentifikasi suatu objek menggunakan frekuensi radio. Pada sistem RFID terdapat dua bagaian yang saling berhubungan yaitu tag dan reader. Tag adalah bagian dari RFID yang dipasang pada objek yang nantinya akan di identifikasi oleh RFID reader. Sedangkan reader adalah bagian dari RFID yang digunakan untuk membaca tag RFID tadi.

Prinsip Kerja RFID

Karena RFID menggunakan sistem identifikasi dengan gelombang radio, dibutuhkan tag dan reader . Disaat sistem RFID melakukan pemindaian data, maka RFID reader akan membaca sinyal yang diberikan oleh tag RFID.

Prinsip Kerja RFID Cara Membuat Rangkaian RFIDGambar Prinsip Kerja RFID

Cara Membuat Rangkaian RFID :

Mungkin itu sedikit penjelasan mengenai apa itu RFID dan bagaimana cara kerjanya. Selanjutnya saya akan melanjutkan dengan pembahasan mengenai cara membuat rangkaian RFID. Untuk membuat rangkaian RFID di butuhkan sebuah rangkaian sistem minimum mikrokontroler, untuk lebih jelasnya mengenai sistem minimum, kalian dapat mengunjungi artikel ini. Setelah selesai membuat rangkaian sistem minimum mikrokontroler, kemudian dapat di tambahakan dengan rangkaian modul RFID.

RFID yang saya gunakan pada rangkaian ini adalah RFID RDM6300 125 KHz. RFID jenis ini adalah RFID yang termasuk kedalam RFID low frequency. Saya menggunakan RFID jenis ini karena mudah di ditemukan dipasaran, selain itu juga memiliki harga relatif terjangkau.

RFID RDM6300 125 KHz Cara Membuat Rangkaian RFIDGambar RFID RDM6300 125 KHz


RFID RDM6300 125 KHz pada rangkaian ini adalah input dari sistem, dimana RFID yang terdiri dari tag dan RFID reader akan menghasilkan output data serial yang berfungsi untuk mentrigger mikrokontroler untuk menjalankan perintah pada program yang telah dibuat. Tegangan yang dibutuhkan oleh RFID ini adalah sebesar 5 VDC. Berikut adalah definisi pin dari RFID RDM6300 125 KHz ini :

Rangkaian Modul RFID :

Definisi Pin RFID RDM6300 125 KHz Cara Membuat Rangkaian RFIDGambar Definisi Pin RFID RDM6300 125 KHz

Setelah mengetahui definisi pin maka dapat dilanjutkan dengan menambahkan modul RFID pada sistem minimum yang telah dibuat sebelumnya. Berikut gambar rangkaian dari Modul RFID RDM6300 125 KHz :

Skematik RFID RDM6300 125 KHz Cara Membuat Rangkaian RFIDGambar Rangkaian Modul RFID RDM6300 125 KHz

Prinsip kerja dari rangkaian ini adalah RFID RDM6300 125 KHz berfungsi sebagai RFID reader yang berfungsi membaca tag. RFID reader ini juga adalah penghubung antara software dengan antena yang akan bertugas untuk meradiasikan gelombang radio ke tag RFID sehingga disaat tag RFID didekatkan pada jarak jangkauannya, maka tag RFID akan mengirimkan data yang terdapat pada tag ke RFID reader melalui antena. Data yang terdapat pada tag RFID  tersebut akan diteruskan ke mikrokontroler dan di identifikasi oleh mikrokontroler. Jika data yang di baca oleh RFID reader sesuai dengan data yang telah diprogram maka mikrontroler akan memberikan perintah sesuai program.

Berikut adalah video alat yang saya buat dengan menggunakan RFID RDM6300 125 KHz :

Sekian artikel yang berjudul “Cara Membuat Rangkaian RFID Low Frequency”, terima kasih telah berkunjung dan semoga bermanfaat.


About

Saya adalah seorang engineer sekaligus blogger yang mengisi waktu luang untuk berbagi informasi yang saya ketahui seperti halnya dalam informasi mengenai instalasi-instalasi pada gedung seperti instalasi listrik, AC dan sebagainya. Semoga bermanfaat.

View all posts by
  • Ananda Sekti Yusman

    Wah infonya bermanfaat , akhirnya ketemu yang saya cari untuk buat rangkaian rfid .

  • Nanda

    mas bisa minta contoh program nya mas yang menggunakan CV AVR