Cara Membuat Power Supply 12 VDC

Pada artikel kali ini akan menjelaskan tentang bagaimana cara membuat power supply 12 VDC. Rangkaian power supply pada sebuah alat berfungsi untuk memberikan catu daya ke seluruh bagian sistem. Berikut adalah gambar rangkaian yang telah saya buat :

Cara Membuat Power SupplyGambar Skematik Rangkaian Power Supply 12 VDC

Tata Letak Komponen Rangkaian Power Supply Cara Membuat Layout dan Mencetak PCB

Gambar Tata Letak Rangkaian Power Supply 12 VDC

Layout Rangkaian Power Supply Cara Membuat Layout dan Mencetak PCB


Gambar Layout Rangkaian Power Supply 12 VDC

Gambar tersebut adalah gambar rangkaian power supply 12 VDC yang dibuat dengan software Eagle. Rangkaian power supply kali ini adalah power supply dengan catu daya 12 VDC. Arus yang dapat dikeluarkan adalah maksimal 1 Ampere, ini di karenakan karena IC regulator LM7812 hanya mampu mengalirkan arus 1 ampere, ini juga tergantung dari IC regulator LM7812 yang digunakan, untuk lebih jelasnya sebaiknya baca terlebih dahulu data sheet IC regulator LM7812 tersebut. Setelah gambar skematik telah dirancang maka lanjut untuk menyiapkan alat dan komponen-komponen yang digunakan untuk membuat rangkaian power supply 12 VDC.

Cara Membuat Power Supply 12 VDC :

a. Alat :

  1. Cutter
  2. Penggaris
  3. Setrika listrik
  4. Spidol
  5. Wadah plastik
  6. Bor tangan DC
  7. Mata bor 0,8 mm, 1 mm, dan 3 mm
  8. Solder
  9. Penyedot timah
  10. Tang potong
  11. Obeng
  12. Kikir

b. Bahan :

  1. PCB
  2. Pelarut
  3. Timah
  4. Terminal Screw
  5. Fuse
  6. Trafo 1 Ampere
  7. Dioda
  8. Kapasitor
  9. IC 7812
  10. Resistor
  11. LED

Setelah alat dan komponen-komponen yang diperlukan telah siap, lanjut dengan mencetak PCB, untuk cara mencetak PCB, sudah saya siapkan artikel mengenai cara membuat layout dan mencetak PCB.

Pada gambar rangkaian power supply tersebut, tegangan 220 VAC yang masuk ke trafo di turunkan tegangannya menjadi 12 VAC. Kemudian tegangan 12 VAC tersebut disearahkan oleh dioda bridge dan menghasilkan tegangan 14,5 VDC. Setelah disearahkan oleh dioda bridge, tegangan 14,5 VDC tersebut distabilkan atau di filter oleh kapasitor elco 1000 µF. Karena tegangan yang di inginkan adalah 12 VDC, setelah di filter oleh kapasitor, tegangan 15,9 VDC tersebut diturunkan menjadi 12 VDC dengan menggunakan IC regulator LM7812. Fungsi dari IC regulator LM7812 adalah untuk membatasi tegangan output agar stabil pada tegangan 12 VDC. IC regulator LM7812 biasanya menghasilkan panas yang cukup tinggi, maka dari itu saya sarankan untuk menambah heatsink agar panas yang dihasilkan oleh IC regulator LM7812 tidak terlalu panas.

Rangkaian power supply 12 VDC ini juga dapat di ubah menjadi power supply dengan output 5 VDC, caranya adalah dengan menganti IC regulator LM7812 menjadi IC regulator LM7805.

Sekian artikel yang berjudul “Cara Membuat Power Supply 12 VDC”, terima kasih telah berkunjung dan smoga bermanfaat.

 


About

Saya adalah seorang engineer sekaligus blogger yang mengisi waktu luang untuk berbagi informasi yang saya ketahui seperti halnya dalam informasi mengenai instalasi-instalasi pada gedung seperti instalasi listrik, AC dan sebagainya. Semoga bermanfaat.

View all posts by
  • Fitri Puspito

    mantabz gan