Cara Memasang Saklar Tunggal dengan Baik dan Benar

Diposting pada

Pada artikel kali ini akan dijelaskan bagaimana cara memasang saklar tunggal dengan baik dan benar. Saklar merupakan sebuah komponen/peralatan listrik yang berguna untuk menghubungkan dan memutuskan sirkit dan merubahnya menjadi berbeban ataupun tidak. Pada instalasi tempat tinggal, saklar yang sering kali kita temui atau dipasang di rumah adalah saklar tunggal dan saklar seri, dan pastinya di rumah kalian pasti ada 2 buah tipe saklar seperti ini bukan ?

Baca juga : Cara Memasang Saklar Seri Beserta Diagram Pengawatan 

Pengaturan Saklar Tunggal (Satu Arah)

Rangkaian penerangan dengan hanya menggunakan satu saklar dinamakan sistem pengaturan penerangan satu arah. Walaupun dipasang beberapa lampu yang dihubungkan paralel, tetap saja dinamakan sistem pengaturan penerangan satu arah.

Cara Memasang Saklar Tunggal dengan Baik dan Benar

Keterangan :

  1. Saklar harus selalu dikawati dengan penghantar aktif, bila terbalik akan berbahaya terhadap lampu dan pemakaianya akan selalu bertegangan saat saklar off
  2. Terminal saklar untuk penghantar aktif selalu ditandai dengan huruf P dan L dengan bulatan merah, ini penting untuk saklar yang lebih dari 2 terminal.
  3. Untuk menghindari kekeliruan dan kesalahan pengoperasian, maka posisi saklar harus tinggi dan cara pengoperasiannya harus sesuai dengan ketentuan.
  4. Penghantar aktif yang telah melalui saklar disebut penghantar saklar.
  5. Penghantar pentanahan harus dipasang, karena pegangan lampu mudah sekali tersentuh (untuk fiting dari logam).

Kesimpulan :

  1. Saklar satu arah satu kutub digunakan sebagai pengatur suatu rangkaian hanya dari satu tempat yang berguna untuk ON dan OFF.
  2. Rangkaian pengaturan penerangan satu arah terutama digunakan pada suatu ruangan yang kecil dengan satu pintu..

Cara Memasang Saklar Tunggal

Bagi kalian yang ingin memasang saklar tunggal sendiri, dapat mengikuti cara berikut ini

1. Siapkan bahan yang dipakai dan peralatan yang digunakan untuk memasang instalasi seperti, saklar tunggal, obeng dan tespen.

2. Turunkan terlebih dahulu MCB utama pada kwh meter yang bertujuan agar tidak adalagi sumber tegangan pada kabel yang akan di pasangi saklar tunggal. Cek kembali dengan menggunakan tespen agar yakin bahwa sudah tidak ada lagi sumber tegangan yang mengalir.

3. Pasang kabel sumber pada input saklar tunggal dan kencangkan baut pada saklar tunggal tersebut, kemudian untuk kabel output untuk ke lampu, pasang kabel tersebut pada output saklar tunggal.

4. Jika sudah terpasang dengan benar, lanjutkan dengan memasang saklar tunggal sesuai dengan rumahnya, dan kencangkan baut sampai saklar terpasang dengan rapat.

5. Langkah selanjutnya adalah mengetes saklar yang kita pasang, apakah sudah berfungsi dengan baik atau tidak. Naikkan kembali MCB utama pada kwh meter dan operasikan saklar dan cek apakah lampu sudah biasa hidup dan dimatikan. Jika sudah berjalan dengan baik maka pemasangan saklar tunggal berhasil.

Berikut ini adalah video mengenai cara memasang saklar tunggal :

Sekian artikel yang berjudul “Cara Memasang Saklar Tunggal dengan Baik dan Benar”, semoga bermanfaat.


Gambar Gravatar

Saya adalah seorang engineer sekaligus blogger yang mengisi waktu luang untuk berbagi informasi yang saya ketahui seperti halnya dalam informasi mengenai instalasi-instalasi pada gedung seperti instalasi listrik, AC dan sebagainya. Semoga bermanfaat.

14 thoughts on “Cara Memasang Saklar Tunggal dengan Baik dan Benar

  1. bermanfaat sekali gan tutorialnya, kali aja nanti disuruh masang saklar dirumah

  2. artikelnya bermanfaat min, siapa tau ane disuruh masang saklar di rumah. jd bisa

  3. Oh cara pasang saklar yang benar tuh gitu,,,saya belum pernah coba pasang sama saya sendiri hehehe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *