Cara Memasang Saklar Tukar dengan Benar

Cara Memasang Saklar Tukar – Setelah pada artikel sebelumnya yang berjudul tentang bagaimana cara memasang saklar tunggal dan cara memasang saklar seri, maka pada kali ini saya akan membahas tentang pemasangan saklar menggunakan saklar tukar. Sistem pengaturan saklar tukar merupakan saklar yang dapat difungsikan pada 2 prinsip kerja. Yaitu sistem pengaturan saklar tukar yang menggunakan 1 saklar 2 lampu dan sistem pengaturan saklar tukar yang menggunakan 2 saklar 1 lampu. Saklar tipe ini merupakan saklar yang banyak digunakan untuk saklar tangga, saklar lorong, saklar pada kamar hotel, dll. Untuk cara kerja rangkaiannya akan di bahas di bawah ini.

A. Sistem Pengaturan 1 Saklar 2 Lampu.

Pengoperasian dengan sistem pengaturan seperti ini hanya bisa digunakan untuk menyalakan satu lampu E1 atau E2 secara bergantian dengan sumber tegangan yang sama. Prinsip kerjanya lampu E1 dan E2 akan saling bertukaran untuk hidup dan matinya hanya dengan menekan satu saklar. Pengaturan saklar dengan prinsip kerja seperti ini tidak memungkinkan untuk menghidupkan dua lampu secara bersamaan dan begitupun sebaliknya.

B. Sistem Pengaturan 2 Saklar 1 Lampu

Sistem pengaturan 2 saklar 1 lampu ini adalah sistem pengaturan dua arah yang berfungsi untuk menghidupkan dan mematikan lampu, yang dimana pengoperasiannya dapat di lakukan dari dua tempat terpisah.

Contoh Pemakaian :

  1. Sistem penerangan pada lorong-lorong hotel.
  2. Sistem penerangan pada tangga

Contoh dari penggunaan saklar tukar pada tangga ini adalah penggunaan dua buah saklar tukar yang difungsikan untuk menghidupkan ataupun mematikan satu buah lampu atau lebih dari dua posisi yang berbeda. Misalkan pada tangga gedung bertingkat dua. Maka kita bisa memasang satu buah saklar tukar pada bagian tangga lantai satu, dan pada posisi kedua yaitu di atas tangga pada lantai dua. Dengan cara pemasangan saklar tukar seperti ini, maka kita bisa menghidupkan atau mematikan lampu tangga tersebut dari lantai 1 ataupun lantai 2.


Cara Memasang Saklar Tukar

  • Diagram Lokasi Sistem Sakelar Tukar

Cara Memasang Saklar Tukar - Diagram Lokasi

  • Diagram Pengawatan Pengaturan Sakelar Tukar Dari Dua Tempat Pengoperasian

Cara Memasang Saklar Tukar - Diagram Pengawatan

Cara Kerja Rangkaian Instalasi Saklar Tukar

  • Dalam sistem pengaturan saklar dua arah, lampu penerangan dihubungkan seri dengan kedua saklar dua arah. Dimana kawat penghubung disebut penghantar penghubung (corresponding conductor)
  • Terminal “P” dari salah satu saklar dua arah dihubungkan pada penghantar aktif. Terminal “A” dihubungkan pada penghantar terminal “D”, terminal “B” dihubungkan pada penghantar terminal “C”.  Selanjutnya terminal “P” dari saklar lainnya dihubungkan ke lampu penerangan sebagai penghantar saklar.

Sistem pengaturan saklar tukar juga dapat dilakukan dengan beberapa buah saklar silang untuk mendapatkan beberapa tempat operasi pemakaian.

Sekian artikel mengenai cara memasang saklar tukar, semoga dapat bermanfaat.


About

Saya adalah seorang engineer sekaligus blogger yang mengisi waktu luang untuk berbagi informasi yang saya ketahui seperti halnya dalam informasi mengenai instalasi-instalasi pada gedung seperti instalasi listrik, AC dan sebagainya. Semoga bermanfaat.

View all posts by