Cara Memasang Saklar Silang dengan Saklar Tukar

Diposting pada

Pada artikel sebelumnya, sudah saya jelaskan mengenai bagaimana cara memasang saklar tukar dengan benar. Sedangkan pada artikel kali saya akan menjelaskan bagaimana cara memasang saklar silang yang telah di kombinasikan dengan saklar tukar tersebut. Beserta dengan prinsip kerja dari saklar silang itu sendiri. Hal pertama yang saya sampaikan adalah pengaturan saklar silang “biasanya tidak bisa berdiri sendiri, dan selalu di kombinasikan dengan saklar tukar”. Berapapun jumlah kombinasi saklar silang yang di pakai untuk mengontrol sebuah lampu, maka selalu di ikuti dengan dua buah saklar tukar. Ayo kita bahas !

Cara Memasang Saklar Silang dengan Saklar Tukar

Saklar silang adalah saklar yang digunakan untuk mengontrol lampu dari banyak tempat. Mengapa banyak tempat ? Karena saklar jenis ini digunakan untuk menghidupkan dan mematikan lampu lebih dari dua tempat. Tetapi dengan syarat, berapapun jumlah saklar silang yang di gunakan, harus ada dua buah saklar tukar pada instalasi tersebut. Satu buah saklar yang di pasang pada awal instalasi, dan satu buah saklar tukar lainnya di pasang pada ujung instalasi yang menuju ke lampu. Oleh sebab itu saklar silang biasanya tidak bisa berdiri sendiri. Penggunaan saklar silang ini biasanya digunakan untuk bangunan yang memiliki akses pintu masuk yang banyak seperti lapangan olahraga, tempat seminar dll.

Diagram Lokasi Saklar Silang

Berikut ini adalah contoh diagram lokasi pengaturan saklar silang kombinasi saklar tukar untuk beberapa tempat operasi.

Cara Memasang Saklar Silang dengan Saklar Tukar - Diagram Lokasi

(Gambar 1. Diagram Lokasi Saklar Silang Kombinasi Saklar Tukar)

 

Diagram Pengawatan Saklar Tukar

Diagram pengawatan saklar tukar kombinasi saklar silang untuk pengaturan penerangan dari beberapa tempat operasi.

Cara Memasang Saklar Silang dengan Saklar Tukar - Diagram Pengawatan(Gambar 2. Diagram Pengawatan Saklar Silang Kombinasi Saklar Tukar)

Diagram lokasi dan diagram pengawatan saklar tukar di atas adalah diagram dari satu buah saklar silang yang di kombinasikan dengan dua buah saklar tukar untuk mengontrol sebuah lampu. Yang dimana prinsip kerjanya adalah satu buah lampu tersebut dapat di kontrol pada 3 tempat. Apabila ingin menambahkan jumlah tempat kontrol, maka hanya perlu menambahkan saklar silang berdasarkan jumlah tempat yang di inginkan.

Sekian artikel mengenai cara memasang saklar silang yang dikombinasi dengan saklar tukar.

 

 


Gambar Gravatar

Saya adalah seorang engineer sekaligus blogger yang mengisi waktu luang untuk berbagi informasi yang saya ketahui seperti halnya dalam informasi mengenai instalasi-instalasi pada gedung seperti instalasi listrik, AC dan sebagainya. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *