Cara Memasang Saklar Seri Beserta Diagram Pengawatan

Diposting pada

Secara umum, saklar yaitu sebuah perangkat atau peralatan listik yang berfungsi untuk menghubungkan dan memutus sirkit serta merubahnya menjadi berbeban ataupun tidak berbeban. Ada beberapa jenis saklar yang ada untuk pemasangan pada tempat tinggal, namun pada artikel kali ini akan di bahas tentang cara memasang saklar seri dengan baik dan benar. Serta dilengkapi dengan gambar diagram lokasi saklar seri, diagram pengawatan, dan juga diagram kerjanya. Saklar seri juga sering disebut dengan saklar ganda ataupun saklar double. Sebelum membahas ke topik utama yaitu bagaimana cara memasang saklar seri, mari kita pahami dulu pengertian dari sistem pengaturan saklar seri ini.

Baca juga : Cara Memasang Saklar Tunggal dengan Baik dan Benar

Sistem Pengaturan Sakelar Seri

Suatu sistem pengaturan dari saklar seri merupakan suatu hubungan paralel dari dua buah saklar satu arah yang dimana dua buah saklar satu arah tersebut dikombinasikan dalam satu perangkat. Dua buah lampu penerangan dapat di atur oleh masing-masing saklar. Dengan menggunakan saklar seri ini, dua pemakai atau kelompok pemakai dapat diatur secara terpisah tersendiri atau secara bersamaan dari satu tempat.

Penggunaan Saklar Seri

Saklar jenis ini biasanya digunakan dalam ruangan-ruangan yang membutuhkan penerangan secara terpisah. Sistem pengaturan saklar seri ini biasanya dipasang pada ruang tamu, ruang kelas, penerangan pada depan rumah atau serambi luar.

Berikut ini adalah diagram lokasi, diagram pengawatan, diagram kerja pengaturan saklar seri :

a. Diagram Lokasi Sistem Pengaturan Saklar Seri

b. Diagram Pengawatan Sistem Pengaturan Saklar Seri

c. Diagram Kerja Sistem Pengaturan Saklar Seri

Cara Memasang Saklar Seri

Cara pemasangan saklar seri sangatlah mudah, kalian bisa mengikuti tahap-tahap di bawah ini :

  1. Siapkanlah kebutuhan bahan dan peralatan yang akan di pakai untuk pemasangan saklar seri seperti obeng, tespen, tang potong, tang kombinasi, kabel, dan  saklar seri.
  2. Turunkan terlebih dahulu MCB utama pada kwh meter, ini bertujuan agar tidak ada lagi sumber tegangan pada kabel yang di gunakan untuk instalasi saklar seri yang kita pasang. Untuk memastikan, cek kembali dengan menggunakan tespen untuk meyakinkan kabel tidak bertegangan.
  3. Pasanglah kabel sumber (positif) pada salah satu terminal input yang terdapat pada saklar seri, kemudian jumper kabel sumber tadi ke terminal input yang kedua.
  4. Lanjut pasang kabel yang menuju ke masing-masing lampu ke output terminal saklar seri.
  5. Pasang kabel netral (negatif) menuju ke fitting lampu. Kemudian pasanglah saklar seri pada tempat pemasangan.
  6. Cek sekali lagi apakah rangkaian yang sudah di pasang dengan benar.
  7. Naikan kembali MCB utama pada kwh meter dan kemudian coba fungsikan saklar yang berguna untuk mengatur dua buah lampu.

Sekian cara memasang saklar seri beserta diagram pengawatannya, semoga bermanfaat.


Gambar Gravatar

Saya adalah seorang engineer sekaligus blogger yang mengisi waktu luang untuk berbagi informasi yang saya ketahui seperti halnya dalam informasi mengenai instalasi-instalasi pada gedung seperti instalasi listrik, AC dan sebagainya. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *