Cara Flushing AC untuk Mengatasi AC Mampet

Cara Flushing AC untuk Mengatasi AC Mampet – Pada artikel kali ini akan membahas tentang bagaimana cara mengatasi AC mampet dengan cara flushing. Unit AC split yang awalnya pernah mengalami kebocoran sistem, entah itu kebocoran dari pipa kondensor pada outdoor ataupun pada pipa instalasi lainnya biasanya akan menyebabkan oli di dalam kompresor naik kejalur pipa pada indoor AC. Sehingga endapan oli inilah yang biasanya mengakibatkan sirkulasi freon menjadi tidak lancar/mampet dan membuat sirkulasi freon menjadi tidak stabil. Walaupun awalnya permasalahan sistem AC yang bocor sudah diatasi, tetapi suhu yang dihasilkan oleh AC pada ruangan akan menjadi tidak terlalu dingin.

Cara Flushing AC untuk Mengatasi AC Mampet

Tanda-tanda atau Gejala AC Mampet

Berikut ini adalah tanda-tanda atau gejala yang terjadi pada sistem AC yang tersumbat :

1. Pemeriksaan menggunakan Manifold Gauge

Periksalah tekanan AC pada unit outdoor dengan menggunakan manifold gauge, setelah itu perhatikan jarum pada manifold. Ciri-ciri AC yang mampet adalah jarum pengukuran pada manifold tidak akan stabil, dalam artian jarum pengukuran pada manifold kadang naik kadang turun.

2. Suara Aneh

Jika terdapat suara aneh berupa desiran air yang berasal dari AC entah itu dari unit indoor atau outdoor, maka segeralah lakukan penanganan lebih lanjut dengan cara menghubungi tukang service AC untuk pengecekan lebih dalam. Yang bertujuan agar kompresor tidak cepat rusak.

Cara Mengatasi AC Mampet dengan Cara Flushing AC

Setelah mengetahui tanda-tanda sistem AC yang terhambat, salah satu cara untuk mengatasi AC split yang mampet adalah dengan cara flushing. Flushing adalah suatu cara untuk menghilangkan kotoran atau membersihkan semua jalur pipa yang mengarah ke unit indoor. Langkah-langkah mengenai cara mengatasi AC mampet dengan cara flushing adalah sebagai berikut :

Cara Flushing Pipa yang Terhubung ke Indoor

  1. Pertama-tama buka terlebih dahulu kedua pipa (pipa besar dan pipa kecil) yang terhubung pada katup dua jalan (2 way valve) dan katup tiga jalan (3 way valve) pada outdoor menggunakan kunci inggris atau kunci pas.
  2. Kemudian pasang selang manifold pada gas freon R11, R22 serta pada pipa yang akan di flushing (pipa kecil). Caranya adalah pasang selang warna kuning pada jalur pipa kecil. Selang manifold warna biru di pasang pada tabung freon R11. Selang warna merah dipasang pada freon R22.
  3. Pastikan semua keran pada manifold tertutup rapat.
  4. Fungsi freon R11 disini adalah berfungsi untuk membersihkan oli dan kotoran yang mengendap pada jalur pipa. Maka dari itu masukan gas R11 terlebih dahulu pada pipa kecil dengan cara membukan keran pada tabung R11, kemudian buka keran warna biru pada manifold perlahan-lahan, sampai R11 dapat masuk pada jalur pipa.
  5. Setelah R11 masuk ke dalam pipa, kemudian tutup rapat keran biru manifold, dan tutup juga keran tabung R11.
  6. Selanjutnya masukan freon R22 untuk mendorong R11 dengan cara membuka keran merah pada manifold dan buka keran pada tabung R22. Serta tutup pipa besar dengan menggunakan tangan, tekan dengan sangat kuat sampai bertekanan tinggi, kemudian lepas dan tutup kembali. Lakukan beberapa kali kemudian lepaskan agar oli yang larut pada R11 dapat terbuang melalui pipa besar. Lakukanlah berulang kali hingga tidak adalagi sisa oli dan gas R11 pada pipa. Kemudian tutup keran merah pada manifold dan juga keran pada tabung R11.

NB :

  • Untuk mendorong R11 pada pipa, biasanya digunakan N2 terlebih dahulu, lalu di susul dengan R22. Untuk hasil yang maksimal.
  • Proses di atas dapat dilakukan untuk membersihkan pipa, apabila dilakukan penggantian unit AC baru tanpa mengganti pipa instalasi lama.

Berikut ini adalah cuplikan video mengenai proses cara flushing AC :

Cara Flushing AC pada Outdoor

  1. Pada unit Outdoor, potong terlebih dahulu pipa highpress dan lowpress yang terhubung pada masukan dan keluaran kompresor. Hal ini bertujuan untuk menghindari agar R11 tidak ikut masuk kedalam kompresor.
  2. Kemudian lakukan proses flushing seperti cara diatas.
  3. Gantilah komponen filter dan pipa kapiler dengan yang baru untuk memastikan tidak ada lagi komponen yang menyebabkan AC menjadi tersumbat. Serta pasang kembali kompresor.
  4. Setelah proses flushing indoor dan outdoor selesai, sambungkan kembali pipa kecil pada katup dua jalan (2 way valve) dan pipa besar ke katup tiga jalan (3 way valve) pada outdoor menggunakan kunci inggris atau kunci pas.
  5. Lalu lakukanlah proses vakum sistem pada AC sebelum ke tahap pengisian freon.

Sekian artikel mengenai cara flushing AC untuk mengatasi AC mampet.

About

Saya adalah seorang engineer sekaligus blogger yang mengisi waktu luang untuk berbagi informasi yang saya ketahui seperti halnya dalam informasi mengenai instalasi-instalasi pada gedung seperti instalasi listrik, AC dan sebagainya. Semoga bermanfaat.

View all posts by

16 thoughts on “Cara Flushing AC untuk Mengatasi AC Mampet

  1. Bagaimana cara mengatasi kalau ac bagian indoor hanya sebagian saja yg dingin padahan tekanan preon suda cukup

          1. Kalau melakukan flushing posisi ac lagi hidup atau mati

  2. Halo Mas Dewa,
    Saya tertarik baca blog nya Mas ini. Karena saya punya masalah yg mirip di AC rumah saya.
    Teknisi datang silih berganti ga ada yg bisa benerin.
    Apakah Mas Dewa punya rekomendasi tekniai yg mumpuni buat masalah semacam ini? Saya di Bekasi btw.

  3. Flushing tanpa ganti kapiler dan filter apakah bisa, secara keluaran dari nepel kecil setelah r11 masuk dan didorong r410 terlihat lancar gasnya,,, apakah bisa dan tdk buntu lg

  4. Kalo mampet, apakah unit outdoor akan mati total/ berhenti kompresornya gan?

      1. Saya org awam gan gatau buntu total atau sebagian, kronologisnya AC saya (daikin 1pk) menetes air di unit indoor, dan saya selalu cuci AC jika seperti ini dan sehabis di cuci AC kembali seperti normal tidak menetes kembali. Nah kemarin kejadian lagi namun sehabis dicuci unit outdoornya mati total dan hanya indoor yg nyala hanya menyemburkan angin saja. Teknisi AC tersebut berpendapat ke saya bahwa freonnya mampet! Jika memang mampet kenapa saat pertama kali menetes (sudah 3 hari menetes) outdoornya tidak mati!? Apa saya dibohongi ya?

        1. saya punya pengalaman yg hampir mirip kak, dimana indoor tetap menyala tetapi beberapa menit kemudian indoor nya mati sedangkan outdoor nya kipas mati total. dan yg di ganti seperti kapasitor yang bwaar yg ada di outdoor nya. takutnya kapasitor outdoor nya yg kebakar.semoga mirip2 kasusnya.thx

  5. Berapa biaya flushing ac R32 pak? Sy kmarin flushing dikenakan biaya 350rb

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.