Bagaimana Proses Listrik Bisa Sampai ke Rumah-rumah

Bagaimana proses listrik bisa sampai ke rumah-rumah ? Mungkin banyak yang sudah tahu tentang darimana listrik itu berasal, mengingat fungsi listrik yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Hal ini tidak dapat di pungkiri karena hampir semua dari peralatan-peralatan apapun yang kita gunakan saat ini adalah peralatan yang membutuhkan energi listrik sebagai sumber energi untuk peralatan itu dapat bekerja. Sebut saja peralatan yang sering kita pakai di rumah sehari-hari seperti lampu, kulkas, mesin cuci, AC, komputer/laptop, dan peralatan lainnya. Semua peralatan tersebut menggunakan energi listrik. Lalu pertanyaannya adalah darimana sumber energi listrik yang kita gunakan itu berasal ? dan bagaimana proses penyaluran listrik tersebut bisa sampai ke rumah kita ? Untuk jawaban tersebut akan saya jelaskan di bawah ini :

Bagaimana Proses Listrik Bisa Sampai ke Rumah-rumah

 

Proses Listrik Bisa Sampai ke Rumah-rumah

Bagaimana Proses Listrik Bisa Sampai ke Rumah-rumah :

Energi listrik yang kita gunakan sehari-hari berasal dari pusat listrik (pembangkit listrik). Penyaluran listrik yang dibangkitkan dari pusat listrik/pembangkit listrik ini dapat sampai ke pelanggan listrik dengan beberapa tahapan. Mulai dari pembangkit, saluran transmisi, distribusi, hingga sampai ke konsumen. Konsumennya pun dapat di golongkan dari industri, bisnis, rumah tangga dan lain sebagainya. Jenis-jenis pembangkit listrik ini ada berbagai macam diantaranya yaitu :

Bagaimana Proses Listrik Bisa Sampai ke Pelanggan


Tahapan Penyaluran

Macam-macam Pengbangkit Listrik :

  • PLTU (Pembangkit Listrik Tenaga Uap)
  • PLTP (Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi)
  • PLTG (Pembangkit Listrik Tenaga Gas)
  • PLTGU (Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap)
  • PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air)
  • PLTD (Pembangkit Listrik Tenaga Diesel)

Pembangkit listrik merupakan suatu rangkaian alat/mesin yang berfungsi untuk merubah energi tertentu menjadi energi listrik. Seperti energi mekanikal yang di ubah menjadi energi listrik. Tegangan yang dapat di keluarkan oleh generator pembangkit listrik biasanya berkisar 11 kV. Kemudian tegangan 11 kV dari genarator ini dinaikan oleh Trafo Step Up menjadi tegangan tinggi 70 kV dan 150 kV atau sampai dengan tegangan ektra tinggi 500 kV. Tujuan dari penaikan tegangan ini adalah bertujuan untuk mengurangi kerugian akibat hambatan pada kawat penghantar selagi proses transmisi.

Tegangan yang sudah di naikkan tadi kemudian di transmisikan melalui jaringan Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) atau melalui Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) menuju ke Gardu Induk (GI). Pada Gardu Induk inilah tegangan diturunkan voltasenya menjadi tegangan menengah 20 kV.

Setelah diturunkan, selanjutnya tegangan menengah 20 kV ini kemudian di salurkan melalui saluran distribusi / Saluran Udara Tegangan Menengah (SUTM), yang kemudian di salurkan menuju ke trafo-trafo distribusi. Pada trafo-trafo distribusi voltasenya di turunkan dari 20 kV menjadi 330/220 V. Dari trafo-trafo distribusi kemudian disalurkan melalui Saluran Udara Tegangan Rendah (SUTR) ke rumah-rumah/pelanggan listrik.

Jadi kurang lebih seperti itulah yang dapat saya jelaskan mengenai proses apa saja yang terjadi pada bagian pembangkit listrik untuk awal mula penyaluran listrik, bagaimana proses transmisi dan distribusi bisa sampai ke konsumen, bagaimana proses listrik bisa sampai ke rumah kita/pelanggan listrik.


About

Saya adalah seorang engineer sekaligus blogger yang mengisi waktu luang untuk berbagi informasi yang saya ketahui seperti halnya dalam informasi mengenai instalasi-instalasi pada gedung seperti instalasi listrik, AC dan sebagainya. Semoga bermanfaat.

View all posts by
  • banyak ilmu yg didapa tnih hari ini
    makasih gan

  • Vedda Junior

    Baru tau dengan detail begini gan, klo biasanya mah cuma tau klo dr PLN dah gitu aja

  • Shinigami isback

    Wah gitu ya baru tau ane soalnya gak pernah nyari tau ,yang bisa cuman makenya aja wkwkwk

  • Baru tahu proses bagaimana listrik sampai dirumah. Bahkan gag sempat mikir bagaimana susunan aliran listriknya hee

  • Mavella Wira Agramanggala

    makasih atas ilmu nya gan, mantab

  • ternyata seperti itu.. Izin copy min buat tugas sekolah 😀

  • Mymastahh

    Saya punya angan angan kalau penyaluran listrik melalui media fiber opyik kayak internet, pasti seluruh tanah air sudah terang semua 😀

  • Donny Suparto

    oalah jadi gitu ya prosesnya, menambah wawasan saya mengenai kelistrikan nih

  • Yolen eza15

    Artikel yang sangat berbobot ini, saya baru tahu prosesnya listrik bisa sampai di rumah hingga bisa membantu kegiatan kita.

  • Ismunawan Satrio Wibowo

    kalo diliat liat, ribet juga yaa..