Cara Mengatasi Air Menetes pada Indoor AC Split

Diposting pada

Penyebab Utama dan Cara Mengatasi Air Menetes pada Indoor AC Split – Permasalahan AC yang paling sering kita temui pada perumahan, kantor ataupun hotel adalah masalah air yang menetes pada unit indoor AC split. Salah satu penyebab air menetes pada indoor ini biasanya terjadi karena kurangnya perawatan/pembersihan yang terjadwal. Jika AC yang kita gunakan tidak di servis selama kurun waktu 3 atau 6 bulan setelah pembelian, maka permasalahan seperti ini sudah biasa terjadi. Biasanya permasalahan ini sering terjadi di bagian kanan atau kiri unit indoor AC, tergantung dari pemasangan pipa pembuangan air. Pipa pembuangan air berfungsi menyalurkan tetesan air yang berasal dari bagian evaporator.

Cara Mengatasi Air Menetes pada Indoor AC Split

Berikut link dari video yang telah saya buat untuk mengatasi AC leaking :

Cara mengatasi AC keluar air “AC leaking”

Faktor-faktor Penyebab Air Menetes pada Indoor AC

Air menetes pada indoor AC di sebabkan oleh beberapa faktor, yaitu :

  • Kondisi AC yang Kotor

Seperti apa yang di bahas di atas, penyebab air menetes pada indoor AC sering disebabkan oleh kurangnya perawatan/pembersihan pada unit AC tersebut. Kurangnya perawatan akan menyebabkan kondisi AC menjadi kotor, kotoran tersebutlah yang dapat menyumbat saluran pipa pembuangan pada unit AC. Sebenarnya untuk mengatasi permasalahan ini adalah hal yang mudah, dan dapat kita atasi tanpa membutuhkan bantuan teknisi AC. Untuk langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  1. Siapkan peralatan kerja AC, peralatan kerja AC yang digunakan untuk membersihkan pipa pembuangan pada unit indoor adalah obeng (+), Obeng (-), pompa steam/jet pump atau untuk alternatif lain bisa juga menggunakan selang air.
  2. Pindahkan semua barang yang terletak di bawah indoor, terutama barang elektronik.
  3. Apabila menggunakan pompa steam, sediakan satu buah ember yang telah terisi air, dan hubungkan selang pompa steam dengan air tersebut. Sedangkan jika menggunakan selang air, maka hubungkan selang air dengan keran.
  4. Buka tutup baut pada casing body indoor dengan menggunakan obeng (-) dan buka baut pada casing menggunakan obeng (+).
  5. Buka casing body indoor dengan cara menarik bagian atas casing body indoor keatas untuk melepas casing dari pengaitnya.
  6. Setelah casing sudah terbuka, letakkanlah di tempat yang aman untuk menghindari resiko rusak atau patah karena terjatuh ataupun terinjak.
  7. Lindungi bagian PCB indoor dengan plastik untuk menghindari cipratan air saat dilakukannya proses pembersihan.
  8. Buka saluran pipa pembuangan dan bersihkan pipa pembuangan tersebut dengan menyemprotkan air bertekanan yang berasal dari pompa steam ataupun dari selang air yang sudah terhubung dengan keran.
  9. Pasang kembali saluran pipa pembuangan, casing body indoor serta lengkap dengan baut-bautnya seperti posisi semula.

Baca juga : Perawatan pada AC Split

  • Pipa Pembuangan Air Bocor

Salah satu penyebab dari timbulnya tetesan air pada indoor adalah pipa pembuang air yang bocor. Solusinya adalah dengan menambal saluran pipa pembuangan dengan menggunakan lem pipa yang tahan air atau mengganti saluran pembuangan.

  • Drainase Indoor Tidak Terpasang Sempurna

Drainase yang tidak terpasang dengan benar akan menyebabkan pengembunan yang muncul pada evaporator tidak tersalurkan dengan baik. Solusinya adalah dengan memperbaiki posisi dudukan drainase pembuangan air tersebut dengan posisi yang sesuai dengan dudukannya.

  • Blok Es pada Evaporator Akibat Kurang Freon

Kurangnya tekanan freon pada sistem kerja AC dapat membuat pipa evaporator menjadi blok es. Jika blok es pada evaporator AC ini mencair, maka dapat juga menimbulkan tetesan air pada ruangan. Ini terjadi karena es yang terdapat pada evaporator dapat memenuhi drainase pada AC. Cara mengatasinya adalah dengan cara menambah freon pada unit AC.

  • Kondensasi Pipa

Hal yang dapat membuat indoor meneteskan air juga di karenakan oleh kondensasi pipa instalasi pada AC. Kondensasi disebabkan karena perbedaan suhu yang terjadi di dalam pipa AC tidak sama dengan suhu di luar pipa. Sehingga pipa menghasilkan air yang dapat menetes keluar. Sebenarnya ini sudah diatasi dengan adanya pembungkus pipa yang disebut dengan armaflex. Armaflex sudah terpasang saat pertama kali pemasangan unit AC. Namun apabila armaflex ini sudah rusak ataupun dalam keadaan kurang bagus. Maka dibutuhkan pergantian untuk mengatasi agar air tidak menetes lagi.

NB :

  • Alternatif lain, yang dapat digunakan untuk membersihkan pembuangan air adalah dengan menggunakan selang air.
  • Untuk membuka casing body indoor biasanya terdapat cara yang berbeda-beda sesuai dengan merek AC yang dimiliki, untuk itu disarankan untuk membaca terlebih dahulu buku petunjuk yang di dapat saat pembelian unit AC tersebut.
  • Untuk menghindari masalah air menetes pada indoor agar tidak terulang kembali, dapat di lakukan dengan melalukan perawatan terjadwal.

Sekian artikel yang berjudul “Cara Mengatasi Air Menetes pada Indoor AC Split”, Semoga bermanfaat.


18 thoughts on “Cara Mengatasi Air Menetes pada Indoor AC Split

  1. Wah ternyata begitu penyebabnya, di tempat saya bekerja sering mengalami masalah tersebut gan. Nanti saya coba caranya.

  2. kebtulan saya lagi cari artikel tentang kebocoran ac dan sekarang saya nemuin thanks gan

  3. Ac saya sering di bersihkan tapi knp masih aja bocor.. Keluar air berwarna pink… Tolong info nya…

  4. Kalau air sering muncrat sering dr indoor tapi tdk bnyak yang dikeluarkan itu karena apa

  5. Apakah bila indoornya setelah dibersihkan tapi masih tetap netes dan muncrat airnya, katanya harus ganti instalasi pipa baru ? Terikasih

    1. Seperti yang dijelaskan pada artikel saya gan, apabila airnya netes dari indoor, penyebabnya kemungkinan dari selang drainase indoor yang buntu, untuk mengatasi hal ini biasanya bisa dengan menyemprot drainase yang tersumbat. Apabila airnya masih tetap netes, mungkin bisa di cek lagi posisi talang airnya.

      untuk ganti pipa instalasi tidak perlu, kecuali pipa instalasinya ada yang bocor. Mungkin yang bapak maksud pipa pembuangan, bukan pipa instalasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.