AC Tidak Dingin Setelah Diisi Freon

Ada beberapa faktor yang menyebabkan AC menjadi tidak dingin lagi, seperti halnya unit AC yang sudah mulai kotor, komponen kelistrikan yang sudah rusak, serta kurangnya freon pada sistem AC. Namun apa yang terjadi apabila AC tidak dingin setelah diisi freon atau di service. Mari kita kenali penyebabnya.

Kenapa AC saya tidak dingin setelah diisi freon ? Padahal sudah di cuci ataupun di tambah freon / refrigerant.

Mungkin dari kalian ada yang pernah bertanya seperti pertanyaan diatas yaitu kenapa AC saya di rumah tidak dingin, padahal sudah diisi freon / di service. Ini bisa saja disebabkan oleh beberapa faktor. Oleh sebab itu pengecekan AC sangat penting untuk mengetahui kinerja AC apakah sudah normal atau belum. Pengecekan tersebut adalah berupa pengecekan tekanan dan arus kerja sistem AC.

Faktor-faktor Penyebab AC Tidak Dingin Setelah Diisi Freon

Ada beberapa penyebab yang dapat membuat AC tidak dingin walaupun sudah di cleaning, ataupun diisi freon. Seperti halnya pada unit indoor. Apabila blower pada unit indoor mengalami masalah, entah itu karena motor blowernya sudah lemah. Maka ini juga dapat menyebabkan AC menjadi tidak dingin. Selanjutnya adalah pada unit outdoor. Pada unit outdoor, faktor masalah yang mungkin saja terjadi adalah :

1. Kompressor Overload

Pengisian freon yang berlebihan pada unit AC dapat menyebabkan kinerja kompresor menjadi berat, sehingga dapat menyebabkan overload bekerja. Fungsi overload pada sistem AC adalah sebagai pengaman kompresor apabila kompresor tidak bekerja dengan semestinya. Kinerja dari overload ini dikendalikan oleh sensor panas. Sehingga ketika kompresor panas dan juga overload dilewati arus listrik yang tinggi secara berkelanjutan. Maka overload akan membuka sehingga menyebakan arus listrik menuju kompresor akan terputus sehingga menyebabkan kompresor berhenti bekerja. Begitu juga sebaliknya. Ketika suhu kompresor sudah menurun, arus listrik akan kembali mengalir menuju kompresor. Hal ini akan membuat AC menjadi tidak dingin. Sehingga perlu perbaikan berupa pengurangan freon, agar kompressor dapat bekerja dengan normal kembali.


Kesalahan ini biasanya terjadi akibat gas dalam sistem sudah kotor, dalam artian tercampur oleh zat-zat lain sehingga sirkulasi dalam pengisian freon menjadi tidak lancar. Serta pengisian freon yang kurang benar.

2. Kebocoran Sistem pada AC

Cara Mengecek Kebocoran pada Sistem AC Split

Hal kedua yang dapat menyebabkan AC menjadi tidak dingin walaupun sudah di service atau di isi freon adalah adanya kebocoran sistem pada AC. Hal ini mungkin tidak dapat di ketahui langsung pada teknisi AC pada saat pengisian freon AC. Karena apabila kebocoran freon yang terjadi pada sistem AC sangatlah sedikit. Maka freon yang berada pada sistem akan perlahan-lahan habis dalam waktu yang agak sedikit lama. Lain halnya dengan kebocoran sistem yang besar atau parah. Hal ini akan kita ketahui saat mengisi freon yang di tandai dengan keluarnya gas dalam sistem AC. Lokasi yang biasanya rentan terhadap kebocoran adalah pada pipa kondensor, neple AC yang kurang kencang dan kebocoran pada bagian-bagian tertentu. Untuk solusi dari masalah kebocoran pada sistem AC split adalah dengan cara pengelasan apabila ada pipa AC yang bocor.

Sekian pembahasan yang dapat saya sampaikan mengenai kenapa AC tidak dingin setelah diisi freon. Semoga dapat bermanfaat.

 


About

Saya adalah seorang engineer sekaligus blogger yang mengisi waktu luang untuk berbagi informasi yang saya ketahui seperti halnya dalam informasi mengenai instalasi-instalasi pada gedung seperti instalasi listrik, AC dan sebagainya. Semoga bermanfaat.

View all posts by